Find Us On Social Media :

Inggris akan Membuat Hari Bebas Batu Bara Pertama Sejak Revolusi Industri, Bagaimana dengan Indonesia?

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 22 April 2017 | 19:40 WIB

Hari bebas batu bara di Inggris

Intisari-Online.com - Hari Jumat 28 April 2017 Inggris akan melakukan satu hari bebas listrik yang bersumber dari batu bara. Ini adalah aksi pertama yang dilakukan Negari Ratu Elizabeth itu sejak masa revolusi industri di abad ke-19.

Aksi ini dilakukan untuk mengawali gerakan penggunaan energi yang lebih bersih, bukan lagi memakai energi fosil. Tentu saja tujuannya adalah untuk memperlambat perubahan iklim yang kian parah.

Langkah ini akan menjadi sebuah pertanda yang sangat baik sebab untuk pertama kalinya, negara pelopor penggunaan baru bara di era revolusi industri akan sama sekali tidak memakai batu bara selama 24 jam.

Baca Juga: Wah, Ramalan Surat Kabar Tahun 1912 Tentang Nasib Bumi Saat Ini Terbukti!

Sebelumnya, Inggris pernah juga melakukan langkah ini namun hanya selama 19 jam saja. Kini, rekor tersebut akan dipecahkan dengan sama sekali tidak memakai batu bara selama 24 jam.

Semua ini merupakan satu sinergi dari program Inggris untuk menghentikan total penggunaan batu bara. Tahun lalu, tiga pembangkit listrik bertenaga baru bara di Inggris sudah ditutup.

Sejumlah pembangkit listrik bertenaga batu bara juga sudah diganti dengan bahan bakar kayu. Saat ini masih ada enam pambangkit listrik baru bara yang semuanya akan dihentikan per tahun 2025.

Pada tahun 2014, penggunaan batu bara di Inggris masih 21% dan sekarang sudah tinggal 9% saja. Untuk pertama kalinya, penggunaan energi matahari sudah lebih besar ketimbang batu bara.