Find Us On Social Media :

Menakjubkan, Inilah Kebiasaan Irit Para Miliarder Dunia

By Yoyok Prima Maulana, Kamis, 20 April 2017 | 11:30 WIB

Warren Buuffet dan Mark Zuckerberg. (Foto: Liveyourlegend.net)

Intisari-online.com - Apa yang akan kita lakukan jika mempunyai kekayaan  AS$ 44 miliar atau Rp400 triliun? Mungkin  kita akan membeli kondominium supermewah, mobil sport termutakhir, atau hal-hal menyenangkan lain.   Yang aneh adalah jika ada orang memiliki kekayaan separuh PDB Indonesia 2012 tapi masih tinggal di rumah sederhana dan menyetir mobil lawas.

Warren Buffett (85) melakukan itu. Orang terkaya nomor tiga sepanjang 2016 versi Forbes ini masih tinggal di rumah lamanya yang dibeli pada 1958 dengan harga AS$31.500 (Rp308 juta).

BACA JUGA: 

Sekarang harga rumah yang terletak di District Omaha, Nebraska itu sudah mencapai AS$652.619 (Rp6,38) miliar. Meski begitu, tetap terhitung sederhana untuk orang sekaya Buffett.

Tidak seperti rumah miliarder lain yang penuh barang mewah dan dilengkapi sistem keamanan supercanggih, rumah pemilik perusahaan Berkshire Hathaway ini tidak berpagar.

Sekadar pintu penjaga keamanan dan kamera pengintai pun tidak ada. Di mata Buffett, rumah seluas 1.828,8 meter dan memiliki lima kamar tidur ini merupakan investasi terbaik ketiga yang pernah dimilikinya dan memberikan kebahagiaan tersendiri.

Kesederhanaan Buffett juga tercermin dari kebiasaannya yang lain. Jika bepergian dia jarang  ditemani sopir. Buffett lebih suka menyetir mobil Cadillac lawasnya sendiri. Tidak pernah juga terbang dengan pesawat mewah meskipun dia memiliki perusahaan pesawat jet sendiri.

Gaya hidup seperti itu merupakan pengejawantahan prinsip hidup yang dipegang Buffett sejak kecil.

“Pengeluaran harus lebih kecil ketimbang pendapatan. Bagaimana Anda bisa menjadi miliarder kalau pengeluaran Anda lebih besar dibanding pendapatan?” ujar Buffett.

Prinsip seperti itu juga dipegang Zong Qinghou (67), pria terkaya di Cina sekaligus orang terkaya ke-23 dunia.

Pemilik Hangzhou Wahaha Group ini ditaksir memiliki kekayaan AS$21,6 miliar atau Rp195 triliun tapi gaya hidupnya sangat sederhana, kalau tidak mau dibilang terlalu ngirit.

Bayangkan, dalam sehari dia membatasi diri hanya mengeluarkan AS$ 20 atau Rp180.000 saja! Sulit diterima akal sehat bukan? Tapi itulah kenyataannya. Seperti diberitakan BBC, Zong memang memiliki gaya hidup yang sangat sederhana. Dia juga pria yang sangat disiplin dalam menabung.