Find Us On Social Media :

Wahai Para (Calon) Pengusaha, Hindari Lima Kesalahan Ini Agar Bisnis Tetap Lancar

By Ade Sulaeman, Rabu, 19 April 2017 | 07:00 WIB

Tips Menjadi Pengusaha di Usia Muda

Membangun bisnis sendiri merupakan langkah besar yang memerlukan persiapan matang, kerja keras, dan biaya yang tak kecil. Sayangnya, karena terlalu fokus memulai, banyak pengusaha yang terkejut akan kebutuhan uang selanjutnya.

Hasilnya, mereka sering membuat kesalahan yang seharusnya bisa dihindari. Inilah lima kesalahan yang sering dilakukan para pengusaha:

(Baca juga: 5 Tips Mengelola Keuangan Untuk Pengusaha Agar Sukses)

Tidak menyediakan dana garurat

Beberapa ahli kekuangan, dari Dave Ramsey ke Suzie Orman, mengutamakan pentingnya dana garurat untuk pengeluaran yang tidak terduga. Ketika pebisnis menyediakan dana darurat untuk keluarganya, mereka lupa melakukan hal sama untuk bisnisnya. Tanpa membangun dana garurat untuk binis, kita akan tergoda menggunakan kartu kredit dengan bunga yang tinggi.

Buat tujuan keuangan yang jelas di bisnis Anda. Sediakan dana dengan jumlah yang realistis untuk keadaan tak terduga. Anda akan sangat berterima kasih dengan strategi ini ketika nanti hal buruk terjadi. 

Kesalahan dalam mengelola kartu kredit

Saat memulai usaha, sangat menggoda menggunakan kartu kredit untuk membiayainya. Lalu, akan membayar kartu kredit dengan profit yang didapat saat bisnis mulai berjalan. Namun, bagaimana pun juga, menggunakan kartu kredit tanpa rencana akan menyebabkan bencana.

Membayar cicilan setiap bulan artinya terus membayar utang sampai beberapa waktu ke depan. Dan itu akan menjadi beban kita. Apalagi, jika bunganya tinggi.

(Baca juga: 5 Kebiasaan Pagi Pengusaha Sukses)

Menjadi bank untuk teman dan keluarga

Bisnis mulai menunjukkan keuntungan dan kita mengabarkannya dengan senang kepada keluarga dan teman. Saat ini, bukannya berbicara tentang kesuksesan kita, mereka malah rajin meminjam uang.