Find Us On Social Media :

Lebanon Terima Bantuan Tank AS untuk Lawan Hizbullah, tapi Kemungkinan Besar Malah Digunakan Menggempur Israel

By Agustinus Winardi, Selasa, 14 Agustus 2018 | 18:00 WIB

Intisari-Online.com - Hubungan Israel dan AS sebenarnya sering kisruh gara-gara peran militer AS di Lebanon.

Pasalnya AS sering membantu militer Lebanon yang sering kawalahan mengendalikan gerilyawan Hizbullah yang didukung Iran dan kerap bertindak di luar kontrol militer Lebanon.

Bagi Israel, bantuan militer AS ke pasukan Lebanon memang bisa menjadi bumerang karena senjata-senjata yang telah diberikan oleh AS bisa digunakan untuk menyerang Israel.

Peran pasukan AS di Lebanon memang cukup unik karena bertugas sebagai pasukan PBB dengan tujuan agar tidak terjadi bentrokan bersenjata di kawasan Lebanon Selatan dengan Israel.

Umumnya bentrokan pasukan Israel di perbatasan Lebanon Selatan yang dijaga pasukan PBB terjadi karena ulah para gerilyawan Hizbullah yang sengaja menyerang Israel.

Baca juga: Menurut Tokoh Lebanon Ini, Solusi Bagi Israel adalah Lenyap dari Muka Bumi

Oleh karena itu agar pasukan Lebanon bisa mengendalikan gerilyawan Hizbullah, militer AS kerap menghibahkan persenjataannya usai melaksanakan tugas sebagai pasukan PBB.

Persenjataan yang dihibahkan pasukan PBB AS ke Lebanon memang bisa membuat Israel ketar-ketir karena tidak hanya senjata ringan tapi juga tank-tank tempur canggih.

Pada awal Juli 2018 militer AS bahkan telah memberikan 32 unit tank M2A2 Bradley, 40 pucuk meriam Howitzer kaliber 155 mm, 50 ranpur Humve, 50 peluncur mortir, 4.000 senapan serbu M4, 800 senapan mesin kaliber 50, dan jutaan butir amunisi ke militer Lebanon.

Tujuan utama AS memberikan beragam persenjataan ke militer Lebanon memang agar negara yang merupakan Swiss-nya Timur Tengah itu segera bisa menumpas gerilyawan Hizbullah.

Pasalnya jika gerilyawan Hizbullah bisa ditumpas konflik Lebanon dengan Israel bisa dicegah dan peran Iran dengan taktik proxy war di Timur Tengah juga langsung memudar.

Baca juga: 7 Fakta Menarik dari Lebanon, Salah Satunya Miliki 18 Agama

Tapi yang menjadi masalah gerilyawan Hizbullah sering sulit ditumpas dan pasukan Israel yang melakukan pengejaran sampai terpaksa memasuki kawasan Lebanon.