Find Us On Social Media :

Tidak Selalu Gratis! Seperti Inilah Proses Pengobatan Kanker Payudara bagi Peserta BPJS Kesehatan

By K. Tatik Wardayati, Senin, 10 April 2017 | 16:00 WIB

fakta payudara

Intisari-Online.com – Wanita memang complicated. Bersyukur saya menjadi seorang wanita yang bisa melahirkan, menyusui, dan membesarkan anak-anak. Tetapi ketika dihadapkan pada diagnosis dokter bahwa saya menderita kanker payudara, maka itu pun harus disyukuri. Mungkin Tuhan sedang memberikan sebuah “hadiah” untuk saya.

Ketika pada akhirnya saya merasakan sakit pada sebuah benjolan yang teraba di payudara, dengan mengikuti prosedur BPJS Kesehatan, saya memeriksakan diri ke Faskes Tingkat 1.

(Baca juga: Renita Sukardi Meninggal Dunia: Mari Kenali Ciri-ciri Benjolan Kanker Payudara)

Dari klinik tersebut saya dirujuk ke sebuah rumah sakit, yang pada akhirnya dokter bedah memutuskan untuk mengangkat tumor tersebut untuk kemudian diperiksa patologinya. Di rumah sakit ini semua biaya operasi ditanggung penuh oleh BPJS Kesehatan.

Hanya saja pemeriksaan patologi atas tumor yang diangkat, dibayar sendiri.

Dari hasil pemeriksaan tumor tersebut, dokter pun mendiagnosis kanker payudara stadium 2 – 3.

Dokter lalu merujuk ke sebuah rumah sakit yang lebih besar untuk bertemu dengan dokter bedah kanker (onkologi), karena di rumah sakit tersebut fasilitas tidak tersedia.

(Baca juga: Renita Sukardi Meninggal Dunia: Wanita Wajib Tahu! Ini Cara Simple Deteksi Kanker Payudara)

Di rumah sakit besar ini, BPJS Kesehatan memang terlayani. Hanya saja kita benar-benar musti sabar. Banyak pasien yang menggunakan fasilitas BPJS di rumah sakit ini. Akibatnya, pasiennya pun membludak.

Pendaftaran pasien yang baru dibuka pukul 07.00, tetapi nomor antrian bisa didapatkan pada pukul 06.00. Hanya saja untuk mendapatkan nomor antrian, para pasien atau keluarganya sudah ada di rumah sakit bahkan sejak dini hari.

Saya mengikuti saran dokter untuk melakukan mastektomi (pengangkatan payudara yang terdeteksi kanker). Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran kanker pada organ-organ vital dalam tubuh. Mengikuti prosedur BPJS yang berlaku, dengan mengikuti petunjuk untuk melakukan tes darah dan tes rontgen sebelum bedah.

(Baca juga: Renita Sukardi Meninggal Dunia: Waspadai Faktor-Faktor Penyebab Kanker Payudara Ini)