Find Us On Social Media :

Catat! Hanya dengan Tiga Alasan Ini, Orangtua Boleh Membiarkan Anak Bermain Gadget

By Lintang Bestari, Minggu, 9 April 2017 | 19:00 WIB

Pendampingan orangtua tetap diperlukan

Intisari-Online.com – Jangan terlalu keras pada diri sendiri. Ada banyak momen parenting di mana kita terpaksa membiarkan anak bermain gadget. Namun, menurut beberapa dokter anak, main gadget boleh-boleh saja, apalagi jika karena tiga alasan ini:

(Baca juga: Foto-foto Karya Ibu Empat Anak Ini Tunjukkan Betapa Indahnya Kehidupan Anak-anak Tanpa TV dan Gadget)

Menonton acara edukasi

Menurut American Academy of Pediatrics, tidak apa-apa membiarkan anak bermain gadget jika ia menonton program edukasi – seperti Sesame Street. Namun, tetap harus ada pendampingan orangtua agar ketika anak bertanya, kita bisa menjawabnya. Menonton bersama anak juga bisa mendekatkan diri dengan mereka.

Video call dengan orang terdekat

Berdasarkan studi yang dipublikasikan pada International Journal of Child-Computer Interaction, manfaat chatting dan menjaga hubungan baik dengan kerabat yang tinggal 3000 mil dari kita lebih berharga daripada melarang anak bermain gadget karena takut terpapar di usia dini.

(Baca juga: Kissenger, Gadget yang Membuat Kita Bisa Merasakan Ciuman dari Jarak Jauh)

Mengikuti serial televisi untuk anak

Para peneliti dari Texas Tech University menemukan fakta bahwa anak-anak yang menonton 10 episode serial televisi Mister Roger’s Neighborhood memiliki level empati, percaya diri dan mengatur emosi lebih tinggi dibandung anak lainnya.

Itulah tiga alasan di mana kita boleh membiarkan anak bermain gadget. Meskipun begitu, pendampingan orangtua tetap diperlukan.