Find Us On Social Media :

Makan Nanas Bisa Bikin Keguguran, Benarkah?

By Gavriel Sukma, Minggu, 9 April 2017 | 20:15 WIB

Benarkah nanas memicu keguguran

Intisari-Online.com - Wanita yang mengalami kehamilan pastinya sering mendengar larangan untuk “jangan mengkonsumsi nanas”. Hal ini terjadi akibat banyak mitos yang melarang wanita hamil mengkonsumsi buah nanas, yang berbahaya dan dapat memicu keguguran. Namun apakah benar nanas dapat menyebabkan keguguran? Jika iya apa penyebabnya untuk wanita hamil.

(Baca juga: Kapan Wanita Bisa Kembali Berhubungan Seks Setelah Keguguran?)

Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan A yang baik untuk tubuh sebagai antioksidan. Selain itu nanas juga mengandung kalium, magnesium dan enzim bromelian yang dapat mencegah kanker dan melunakan peredaran makanan yang terjadi pada lambung sehingga mempelancar pencernaan.

Manfaat lainnya dari enzim bromelain adalah membantu kesehatan jantung dan anti koagulan yang terdapat pada enzim ini dapat mengurangi terjadinya pembekuan pada pembuluh darah.

Enzim bromelain juga berperan sebagai anti imflamasi yang dapat menghilangkan lendir pada saluran pernafasan. Namun kandungan enzim bromelain pada buah nanas bisa menjadi abortivum yang dapat menyebabkan keguguran pada kandungan kita. Hal inilah yang selama ini membuat banyak orang melarang ibu yang mengandung mengkonsumsi buah nanas.

(Tak Disangka, Kulit Sintetis Ramah Lingkungan Ini Terbuat dari Nanas)

Maka dengan adanya enzim bromelain ini wanita hamil tidak dapat mengkonsumsi buah nanas terlalu banyak. Karena enzim bromelain mirip dengan enzim papain yang terdapat dalam buah papaya. Enzim ini mengakibatkan leher Rahim lemah serta berkontraksi dan terjadi keguguran. Maka saat kita hamil konsumsilah nanas seperlunya dan jangan berlebihan.

Hindari pula mengkonsumsi nanas yang masih muda karena nanas muda mengandung enzim bromelain yang sangat besar. Jika ingin tetap mengkonsumsi nanas, kita bisa mengolahnya terlebih dahulu sehingga enzim bromelain dapat hancur. Namun lebih baik lagi jika kita konsultasi di dokter kandungan mengenai efek apa yang terjadi saat mengkonsumsi buah nanas.