Find Us On Social Media :

Dari Dilarang Makan Permen Karet hingga Menyiram Toilet, Negara-negara Ini Punya Aturan Cukup Unik

By Gavriel Sukma, Selasa, 11 April 2017 | 12:30 WIB

peraturan unik di 5 negara ini

Intisari-Online.com - Peraturan biasanya dibuat untuk memperbaiki persoalan sebuah wilayah. Meski demikian, ada beberapa negara yang, oleh beberapa kalangan disebut, membuat peraturan sangat unik; dari larangan memakan permen karet hingga larangan menyiram toilet.

 

Kami mencatat, setidaknya ada lima negara/kawasan yang mempunyai peraturan yang cukup unik:

 

1. Singapura

 

Negara maju dengan lambang singa ini ternyata  memiliki peraturan yang unik, bahkah terkesan tidak biasa. Pemerintah Negara-Kota itu membuat peraturan larangan makan permen karet di ruang publik demi menjaga kebersihan kotanya.

 

Kabarnya, peraturan ini sudah diperalakukan sejak 1992 silam.

 

2. Florida

 

Florida merupakan sebuah negara bagian di Amerika Serikat yang menerapkan peraturan aneh dan tak lazim untuk warganya. Peraturannya ialah melarang wanita yang masih lajang melakukan olahraga terjun payung. Jika ada wanita yang nekat, maka polisi tak segan-segan menangkapnya.

 

3. Swiss

 

Di Swiss, orang dilarang menyiram toilet di atas pukul 10 malam. Tak hanya itu, di jam yang sama, para pria juga dilarang buang air kecil dalam posisi berdiri.

 

4. Eboli, Italia

 

Siapa yang tak kenal dengan negara dengan romantisme tinggi ini? Kabarnya, negara penganjur sistem catenaccio (pertahanan berlapis-lapis) dalam sepakbola ini melarang warganya berciuman saat berkendara. Larangan itu diterapkan di kawasan Eboli. Jika ada pasangan yang nekat berciuman, itu artinya mereka rela membayar denda.

 

5. Asia Tenggara

 

Durian, bisa dibilang, merupakan buah khas Asia Tenggara. Meski demikian, karena baunya yang kuat, di beberapa negara di kawasan ini melarang warganya membawa buah durian di sejumlah tempat umum. Anda sering melihat larangan membawa durian di transportasi umum di Indonesia bukan?