Find Us On Social Media :

Orangtua Lanjut Usia Tidak Boleh Lagi Tinggal Sendiri Jika 9 Hal Ini Sering Terjadi

By Tika Anggreni Purba, Kamis, 6 April 2017 | 09:00 WIB

Lansia Bakal Tiga Kali Lebih Merepotkan

Intisari-online.com - Waktu terus berlalu, orangtua pun bertambah usia. Dulu, mereka tinggal bersama anak-anak yang masih bermain di rumah, beranjak dewasa, anak-anak pun mulai meninggalkan rumah. Tak jarang, orangtua tinggal berdua atau bahkan sendiri di rumah.

Seiring tubuh yang semakin renta, lama-kelamaan mereka tak bisa lagi mandiri. Walau kebanyakan dari mereka menolak jika diajak tinggal bersama, ada situasi tertentu yang harus kita pertimbangkan.

(Baca juga: Lansia Sering Menjadi Korban Penipuan 'Online')

Jika 9 hal seperti yang dilansir di Psychologytoday.com ini sering terjadi, orangtua lanjut usia tidak boleh lagi dibiarkan tinggal sendiri tanpa teman:

1. Bingung membedakan obat

Apakah orangtua sudah sulit membedakan obat apa yang harus dikonsumsinya? Atau malah lupa sama sekali untuk makan obat? Biasanya obat-obatan yang harus dikonsumsi orangtua semakin banyak seiring waktu dan mereka pun mulai sulit untuk membedakannya. Jika hal ini sudah sering terjadi, sudah saatnya menempatkan orang lain, seperti keluarga atau perawat tinggal bersama mereka.

2. Sering jatuh

Orangtua biasanya sering jatuh seiring keseimbangan dan pandangan mata yang mulai pudar. Bisa saja menabrak sesuatu atau tersandung akan sesuatu. Akibatnya mereka terluka di lutut, pinggang, dan bagian-bagian lain yang bisa saja membawa dampak fatal.

Jika kita melihat memar di bagian-bagian tersebut, berarti orangtua sudah tidak aman tinggal sendiri di rumah.

3. Pandangan semakin kabur

Apakah kemampuan melihat mereka berkurang drastis? Misalnya tidak mampu lagi melihat label botol obat. Atau barang-barang mulai diletakkan sembarangan bukan pada tempatnya. Jangan biarkan orangtua sendiri jika hal ini terjadi.

4. Membeli barang-barang yang tidak diperlukan