Find Us On Social Media :

Misteri Kecantikan Ladyboy di Thailand, Bahkan Onderdilnya Pun Persis Wanita Tulen

By Yoyok Prima Maulana, Selasa, 4 April 2017 | 11:45 WIB

Masyarakat Thailand memandang transgender sebagai hal yang jamak.

Intisari-online.com - Sebagian masyrakat Thailand percaya, seorang pria berubah menjadi ladyboy karena dosa-dosanya pada masa lampau. Tapi ada juga yang meyakini, keberadaan ladyboy di dalam keluarga merupakan sebuah tanda keberuntungan.

Anda mungkin mengalami kejadian serupa dengan saya. Ketika tahu Anda akan berpergian ke Thailand, bisa jadi para kolega dan rekan akan menanyakan pertanyaan yang nadanya kurang lebih tiba-tiba sama.

“Mau mencari ladyboy (pria yang melakukan operasi transgender, Red) yang di sana?” ucap  mereka. 

Tentu saja pertanyaaan itu hanya canda. Namun, seperti orang kebanyakan tetap saja saya mengelak meski tahu itu hanya gurauan.

Saya dengan tegas menolak mentah-mentah dibilang akan “berburu” ladyboy di Negeri Gajah Putih. Akan tetapi, mungkin lagi-lagi sama seperti orang lain, saya berbohong.

BACA JUGA: Misteri Kubah Batu Yerusalem: Sumur Jiwa, Pusat Dunia, dan Tempat Disimpannya Tabut Perjanjian

Diam-diam saya penasaran dan mencari keberadaan ladyboy yang di Thailand biasa disebut sebagai katoey, yang kabarnya juga cantik-cantik.

Saya bahkan rela membeli tiket pertunjukan kabaret Calypso di bilangan Asiatique di Kota Bangkok untuk melihat polah mereka.

Untuk mendapatkan tiket bukan perkara mudah. Sore itu, Sabtu di pengujung November 2014,  tiket pementasan pertama pada pukul 20.15 sudah habis.

Untung saya bisa mendapatkan tiket pertunjukan terakhir pada pukul 21.45. Tapi, itu pun mesti ditebus dengan harga lumayan mahal.

Saya harus mengeluarkan uang 1.500 baht (sekitar Rp603 ribu) untuk sebuah tiket. Mendekati gedung pertunjukan, hati sempat berdebar-debar. Saya takut membayangkan bakal menjadi “korban” polah eksentrik para ladyboy.

Bayangan saya, mereka mirip dengan para wanita pria (waria) di Indonesia yang sering bertingkah jahil. Akan tetapi, bayangan itu langsung sirna begitu memasuki area gedung pertunjukan. Gedungnya luas dengan aula yang megah.