Find Us On Social Media :

Manfaat Tersembunyi Bermain Tetris, Mengurangi Traumatis Hingga Mengidam Berlebihan

By Andrew Bari Dianto, Selasa, 4 April 2017 | 08:36 WIB

Mengurangi Keinginan Untuk Mengidam, Salah Satu Manfaat Dari Terapi Tetris

Intisari-Online.com – Permainan atau games tetris ternyata banyak manfaatnya, lho.Menurut para ilmuwan, kesederhanaan dari permainan Tetris  membuatnya menjadi alat yang bagus untuk terapi.

Adalah profesor Emily Holmes, ahli psikologi dari University of Karolinska, Swedia, yang telah menghabiskan waktu berahun-tahun untuk meneliti manfaat medis dari permainan Tetris.

(Penghilang Rasa Sakit, Salah Satu Efek Positif Bermain Game)

“Kami menginginkan tugas yang benar-benar menyerap ke memori visual manusia. Dengan tetris, warna, bentuk, dan pergerakannya lah yang membuat permainan ini memikat ke memori visual.”

“Permainan lain di laboratorium, seperti permainan kuis dan permainan menghitung, tidak efektif, Oleh karena itu kami membutuhkan permainan yang berbentuk visual.” ujarnya, seperti yang dilansir dari bbc.com.

Inilah manfaat-manfaat permainan Tetris untuk terapi:

Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)

PTSD adalah suatu kondisi kesehatan mental yang dipicu oleh peristiwa mengerikan. Biasanya gejala ini dialami oleh prajurit sepulang dari perang, atau korban kecelakaan.

Gejala yang mungkin muncul termasuk kilas balik, mimpi buruk dan kecemasan yang parah, serta pikiran tak terkendali tentang kejadian tersebut.

Profesor Holmes telah menerbitkan sebuah jurnal bahwa terapi tetris  mungkin mengurangi dampak psikologi dari peristiwa traumatis.

Bersama timnya, profesor Holmes memberikan terapi tetris kepada pasien-pasien yang baru saja mengalami kecelakaan lalu lintas.

Para pasien diminta untuk memvisualisasikan kecelakaan yang baru saja mereka alami, dan mulai memainkan permainan tetris di konsol Nintendo.