Find Us On Social Media :

Secara Teori, Laba-laba Mampu Memakan Seluruh Manusia Dalam Waktu Setahun

By Andrew Bari Dianto, Rabu, 29 Maret 2017 | 17:00 WIB

Laba-laba Mampu Memakan Seluruh Umat Manusia dalam Waktu Setahun (ilustras)

Intisari-Online – Menurut survey entomologi (ilmu yang mempelajari serangga, atau artropoda), setiap rumah di North Carolina, AS, terdapat laba-laba di dalamnya, dengan rincian 68% berada di kamar mandi, dan lebih dari 75% berada di kamar tidur.

Untungnya, laba-laba “rumahan” ini kebanyakan memangsa serangga. Tetapi, semakin besar seekor laba-laba, semakin besar pula mangsanya. Laba-laba yang berukuran besar dapat memangsa kadal, burung, dan mamalia berukuran kecil.

(Hii Makhluk-makhluk Penghuni Laut Dalam Ternyata Benar-Benar Sangat Menyeramkan (FOTO))

Dua orang ahli biologi, Martin Nyffeler dan Klaus Birkhofer, baru-baru ini menerbitkan perkiraan jumlah makanan laba-laba dalam jurnal The Science of Nature.

Di jurnal ini, mereka mengemukakan bahwa seluruh laba-laba yang ada di bumi ini mengonsumsi 400-800 juta ton mangsa pe rtahunnya.

Terlihat biasa saja? Coba bandingkan dengan berat seluruh manusia yang berada di muka bumi, jika diukur, berat kita “hanya” seberat 287 juta ton.

Berat ini belum dihitung dengan berat seluruh anak-anak yang berada di dunia ini yang, seperti dilansir dari washingtonpost.com, diperkirakan sekitar 70 juta ton.

(Capai 725 Ton, Jumlah Serangga yang Dimakan Laba-laba Dua Kali Lipat dari Konsumsi Paus)

Jika berat ini digabungkan (357 juta ton) maka jumlahnya masih tidak sama dengan berapa banyak yang bisa laba-laba makan dalam setahun (400-800 juta ton).

Jadi, secara teknis dan teori, jumlah berat total makanan yang dimakan oleh laba-laba di seluruh bumi dalam setahun, melebihi jumlah berat total seluruh manusia yang ada di bumi ini.

Atau, dengan kata lain, laba-laba bisa memakan seluruh manusia di bumi, dan mereka masih akan mencari makan lagi setelahnya. Hal yang cukup gila bukan? Mari kita jabarkan lagi.

Menurut kalkulasi Nyffeler dan Birkhofer, estimasi ini berdasarkan pada penelitan berapa banyak laba-laba yang hidup dalam tiap satu meter persegi, untuk tiap jenis lingkungan yang ada di Bumi.Juga jumlah rata-rata makanan yang dikonsumsi oleh laba-laba dari tiap ukuran yang berbeda-beda dalam satu tahun.