Find Us On Social Media :

7 Fakta Tentang Air Ini Dapat Menyelamatkan Nyawa Kita Saat Berada di Alam Bebas

By Bramantyo Indirawan, Rabu, 29 Maret 2017 | 10:20 WIB

Air bisa kita dapatkan dari tumbuhan, gua, sungai, dan tempat lainnya

Intisari-Online.com –Air, tempat berlindung, kehangatan, dan makanan adalah kebutuhan utama untuk bertahan hidup. Saat ada situasi yang menempatkan kita di alam liar atau keadaan kritis lain, pastikan kita memiliki akses ke air.

(Otak Menyusut, 1 dari 9 Dampak Mengerikan yang Akan Terjadi Jika Kita Kurang Minum Air Putih)

Sebagai sumber kehidupan, air menjadi prioritas utama apabila ingin bertahan hidup bahkan yang terpenting. Walaupun kita hanya melakukan aktivitas fisik yang minim, cairan tubuh manusia akan terus berkurang.

Karena itu kita kita harus bisa menggantikannya dengan asupan air.  Apabila tidak dalam hitungan hari kita bisa saja mati. Berikut adalah 7 fungsi utama air yang dapat digunakan untuk bertahan hidup.

(Kenapa Perempuan Lebih Sering Buang Air Kecil? Inilah Penjelasan Ilmiahnya)

1. Asupan minum

Tubuh manusia mengeluarkan cairan dari urin sebanyak 1,5 liter, keringat sebanyak 100ml, feses 200ml, dan penyebaran melalui sel kulit lainnya sebanyak 400ml. Total sekitar 2,2 liter air harus kita konsumsi untuk menggantikan cairan yang telah hilang agar tetap sehat.

Berbagai hal bisa kita lakukan untuk mengurangi kebutuhan asupan air seperti beristirahat sebanyak mungkin, terutama di tempat yang teduh. Hindari tempat panas atau terlentang di permukaan panas, jangan merokok atau minum alkohol karena membuat kita lebih haus, jangan terlalu banyak bicara, dan bernapas melalui hidung.

Apabila kita tidak memiliki akses pada persediaan air yang pasti, atur dengan baik penggunaan air agar konsumsi lebih minim. Apabila melakukan kegiatan atau beraktivitas harus lebih pelan untuk menghemat energi. Istirahalah secara berkala dan apabila ada hal yang untuk dikerjakan coba melakukannya di malam hari atau waktu dimana cuaca lebih dingin.

Hal yang tidak kalah penting adalah saat berada di situasi darurat hindari langsung minum air dengan tegukan besar, lebih baik sedikit-sedikit saja dan bertahap.

2. Melawan dehidrasi

Untuk mengatasi dehidrasi pastikan tubuh agar tetap hangat dan gunakan pakaian yang longgar agar sirkulasi darah jadi lebih baik. Ambil air dan garam secara berkala, berikan satu sendok teh garam ke sat liter air untuk diminum. Setelah itu istirahat secukupnya.