Find Us On Social Media :

Seperti Apa Sebenarnya Bisnis Penonton Bayaran yang Membuat Elly Sugigi Dituduh Menipu Tessa Mariska?

By Ade Sulaeman, Sabtu, 4 Agustus 2018 | 14:30 WIB

Intisari-Online.com – Elly Sugigi dituduh melakukan penipuan oleh penyanyi Tessa Mariska.

Penipuan senilai Rp50 juta tersebut terkait dengan bisnis penonton bayaran yang dikelola oleh Elly.

Dalam laporannya ke SPKT Polda Metro Jaya, Jumat (3/8/2018), Tessa menuduh Elly melanggar perjanjian kerjasama berupa membayar dan membagi keuntungan dari bisnis penonton bayaran.

Tentunya Anda bertanya-tanya, seperti apa sebenanya bisnis penonton bayaran tersebut? Benarkah bisnis tersebut sangat menjanjikan sehingga Tessa berani "berinvestasi kepada Elly?

Baca juga: Tidur dengan Kipas Angin Menyala Semalaman Dinyatakan Berbahaya, Ini Faktanya

Untuk menemukan jawabannya, Anda wajib membaca artikel berjudul "Kisah Agensi Pengumpul Alay" yang pernah tayang di Majalah Intisari: Extra Profesi (2012) berikut ini.

---

Para penonton atau pemeriah acara di berbagai program televisi tidak datang dengan sendirinya. Mereka dikelola koordinator profesional yang mencari nafkah dengan mengumpulkan orang.

Pernah menonton acara Dahsyat di layar kaca? Salah satu program andalan RCTI tersebut punya ciri khas, bintang tamu yang beraksi selalu dikelilingi para penonton. Mereka berpolah laiknya pemandu sorak. Berjoget-joget dan sesekali ikut menyanyi.

Baca juga: Hati-Hati, Teror 'Momo Challenge' Sedang Viral di WhatsApp, Mengajak Orang untuk Bunuh Diri

Beragam program acara dari berbagai stasiun televisi juga punya ciri sama. Mereka kerap mengandalkan pemandu sorak untuk memeriahkan acara.

Ada banyak sebutan bagi mereka yang khusus datang ke stasiun televisi untuk menjadi penonton lalu dibayar. Alay, audiens, atau crowd.

Tugas para penonton tersebut adalah mengikuti skenario yang sudah tersedia. Kadang-kadang hanya duduk manis mendengarkan pengisi acara. Atau, berjoget- joget dengan koreografi seragam. Sampai, kalau dibutuhkan, harus  mau berteriak histeris untuk meramaikan acara.