Find Us On Social Media :

Nyai Roro Kidul, Sang Ratu Demit yang Dipercaya Benar-benar Ada, Bukan Dalam Alam Khayal Semata

By Ade Sulaeman, Jumat, 3 Agustus 2018 | 13:30 WIB

Intisari-Online.com - Lukisan Basuki Abdullah dalam sebuah kamar di Samudera Beach Hotel, Pelabuhan Ratu serta pengakuan pengawal Sri Sultan Hamengku Buwono X membuat sosok Nyai Roro Kidul benar-benar nyata.

Benar-benar pernah menampakan dirinya ke hadapan para manusia-manusia 'terpilih'.

Seperti apa ceritanya?

B. Soelist dan Djati Surendro menguraikannya dalam artikel berjudul Nyai Roro Kidul, Sosok Rekaan Senopati dalam bukun Kumpulan Kisah Misteri Intisari (2002).

Baca juga: 6 Foto Mengerikan yang Pernah Tertangkap Oleh Kamera 'Drone'

--

Mitos Ratu Kidul, sungguh mengingkari kenyataan. Di sini mitos mengalahkan realitas, tradisi menggusur modernisasi.

Sebab hampir di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa, dari Jawa Barat sampai Banyuwangi, Jawa Timur, ratu lelembut ini dipercaya ada bukan dalam alam khayal semata.

Jadi, mungkin benar pula apa yang dikatakan oleh Edmund Leach dalam bukunya Culture and Communication, bahwa mitos merupakan jembatan antara dunia yang tampak dengan jagad yang tak kelihatan.

Baca juga: Mengintip Kota Kuala Kencana Milik PT Freeport di Papua: Modern, Canggih, dan Bersih!

Mitos merupakan jawaban dari penghayatan manusia ketika ilmu pengetahuan tak lagi sanggup menerangkan hal-hal yang kelewat supranatural.

Apa jawaban manusia Jawa tradisional terhadap ganasnya lautan yang acap kali meminta korban, kalau bukan sosok lelembut bernama Ratu Kidul.

Seperti apakah gerangan wajah Kanjeng Ratu Kidul itu? Sayang sekali Babad Tanah Jawi hanya mengatakan kecantikannya tak tertandingi gadis gadis di bumi ini.