Find Us On Social Media :

Smartphone Tak Mau Dicharge? Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

By Moh Habib Asyhad, Minggu, 19 Maret 2017 | 18:40 WIB

Suka Nge-charge Smartphone Dengan Laptop? Berikut Dampak Jika Kita Melakukannya.

Intisari-Online.com - Pada satu titik, smartphone kita kadang seperti manusia: ngambek dan tidak mau dicharge. Tapi jangan khawatir, sebenarnya itu bukan persoalan yang besar, dan bukan akhir dari segalanya—asal kita mau cari tahu solusinya.

(Ingin Beli Smartphone yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Ganti sumber listrik

Smartphone tak mau dicharge mungkin disebabkan sumber listrik di tempat kita memang rusak. Coba cari colokan lain untuk membuktikannya. Bisa juga mencoba charge ponsel Anda di komputer.

Cek kabel data

Kabel data atau kabel charger juga mungkin sumber masalah. Karena sering digunakan, kabel ini rentan rusak. Cobalah untuk menggantinya dengan kabel data atau kabel charger lain yang sesuai ponsel Anda.

Matikan ponsel

Bila kabel dan adapter kita baik-baik saja, cobalah periksa soket USB. Perhatikan metal konektor di dalamnya. Apakah sedikit bengkok? Untuk memperbaikinya, Anda harus matikan ponsel. Copot baterai bila bisa dicopot. Kemudian benarkan metal konektor dengan pinset atau benda lain yang bisa menjangkaunya. Hati-hati saat melakukan ini.

Ganti baterai

Bila baterai ponsel Anda bisa dilepas pasang, cobalah ganti dengan yang baru. Bila tidak bisa buka baterai, sudah saatnya mengganti ponsel baru.