Find Us On Social Media :

Meski Menyeramkan dan Bikin Sulit Tidur, Film Horor Ternyata Punya Banyak Manfaat Bagi Penontonnya

By Tika Anggreni Purba, Rabu, 15 Maret 2017 | 17:40 WIB

Survei: Film Horor Lebih Disukai Wanita

Intisari-online.com—Walau seram, film horor dan hal-hal mengerikan lainnya ternyata masih ramai penggemar. Coba perhatikan ramainya bioskop saat film horor fenomenal ditayangka, festival rumah hantu atau tong setan, selalu membuat orang ketakutan namun penasaran.

(Ingin Beli Smartphone yang Paling Pas Buat Kamu? Simak Panduan Ini)

Walau tidak diketahui banyak orang, rupanya membiarkan diri kita mengalami kengerian dari hal-hal seperti itu ternyata memberi manfaat. Seperti yang dilansir di lifehacker.com, disebutkan bahwa kengerian baik untuk pikiran, tubuh, dan jiwa. Bagaimana bisa? Berikut penjelasannya!

1. Rasa takut dan ngeri membuat pikiran plong

Ada orang yang menenangkan diri dengan bermeditasi atau pergi ke tempat-tempat yang tenang. Namun rupanya sensasi ketenangan yang sama bisa didapat setelah menonton film horor atau hal-hal mengerikan lainnya.

(Survei: Film Horor Lebih Disukai Wanita)

Soalnya, saat takut kita berkeringat dan jantung berdebar kencang. Artinya, adrenalin terpacu. Dalam kondisi seperti itu, biasanya pikiran kusut terhapus. Selain itu hormon dopamin juga meningkat. Dopamin merupakan hormon kenikmatan. Itulah sebabnya banyak orang yang menganggap film horor itu menyenangkan dan nikmat.

2. Film horor membuat kita mampu melepaskan emosi yang terpendam

Coba ingat apa yang kita rasakan setelah menonton film horor, biasanya pasti merasa lelah. Namun hal itu normal, sebab saat kita melihat sesuatu yang mengerikan secara tidak langsung emosi yang terpendam terlepaskan.

Wes Craven, Legenda Film Horor Amerika Meninggal Dunia di Usia 76 karena Kanker Otak)

Saat kita merasa terjebak dalam hal yang menakutkan, kita merasa perlu menyelamatkan diri pada tempat yang aman. Sehingga saat film horor selesai, seolah ada kelegaan tertentu. Dan rupanya emosi-emosi tak penting turut terlepaskan.

3. Film yang menyeramkan bisa membakar kalori dan meningkatkan sistem imun