Find Us On Social Media :

Tak Hanya Deteksi Kesehatan, Warna Lidah Juga Bisa Ungkap Watak Seseorang

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 1 Agustus 2018 | 15:30 WIB

Intisari-Online.com – Jika Anda pernah memeriksakan diri ke dokter atau sinshe, tentu masih ingat apa yang sering kali dilakukan kedua pengobat itu. Selain mengukur tekanan darah (bila ke dokter) atau memeriksa denyut nadi (bila ke sinshe), hal yang tidak terlewatkan adalah "mengamati lidah" pasien.

Tulisan Djulianto Susantio, pemerhati fisiognomi, dalam Majalah Intisari edisi Oktober 2010, ini menjelaskan mendeteksi kesehatan dan watak dari lidah kita.

Sebenarnya, orang-orang tua zaman kakek-nenek kita sudah mempunyai naluri dalam mendeteksi penyakit.  Mereka sering mengatakan kalau lidah berwarna merah menunjukkan kesehatan masih dalam batas normal.

Sebaliknya, jika berwarna putih, pertanda kesehatan kurang bagus. Penyakit apa yang diderita, tentu sangat tergantung dari kualitas dan kuantitas bintik putih pada lidah.

Baca juga: Lidah Keputihan Tanda Gangguan Ginjal, Berikut Cara Memantau Kesehatan Lewat Warna Lidah

Dulu, lidah dan bagian-bagian wajah lain menjadi alat utama untuk mendiagnosis penyakit. Para sinshe di Tiongkok purba merupakan ahli-ahli yang terampil dalam menggunakan metode ini.

Mereka menganggap diagnosis akurat adalah faktor utama dalam perawatan setiap penyakit. Dengan pengetahuan yang tinggi maka penyembuhan dapat dengan mudah dicari.

Dibandingkan dengan metode Barat, diagnosis Oriental tidak membutuhkan peralatan yang mahal dan teknologi yang rumit. Mata, telinga, sentuhan, hidung, dan intuisi merupakan alat-alat yang dipakai untuk mendeteksi penyakit. Semakin tajam instrumen seorang sinshe, maka semakin akurat pendeteksian penyakit.

Fisiognomi Tiongkok mengatakan, orang yang sehat memiliki lidah yang bersih tanpa lapisan.

Baca juga: Risiko Kehamilan hingga Alergi Kulit, Inilah Bahaya yang Bisa Disebabkan oleh Lidah Buaya

Bila lidah berwarna merah dan tebal, pertanda vulva kering. Dengan demikian akan mudah sakit dalam bercinta. Tentu saja ciri khusus ini hanya berlaku pada wanita.

Orang yang sering mengalami gangguan pada perut atau usus, biasanya ditandai oleh lidah berwarna keunguan. Begitu pun mereka yang terpengaruh alkohol.

Sedangkan mereka yang menderita kurang darah dan kurang energi, ditandai oleh lidah berwarna merah pucat. Lidah yang kasar dan pecah di ujungnya menandakan orang yang sedang depresi.