Find Us On Social Media :

Begini Rasanya Naik Pesawat Hercules TNI AU, Jika Mau Nyaman Mesti Bawa Bekal Air dan Penutup Telinga

By Agustinus Winardi, Selasa, 31 Juli 2018 | 16:15 WIB

Intisari-Online.com - Pesawat angkut berat C-130 Hercules yang ada di Indonesia kebetulan semuanya milik TNI AU.

Pesawat ini terwadahi (Order of Battle) dalam Skuadron 31 yang berpangkalan di Lanud Halim Perdanakusuma dan Skadron 32 yang bermarkas di Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Karena merupakan pesawat angkut militer yang digunakan untuk kepentingan militer tidak hanya oleh TNI AU tapi juga digunakan oleh satuan-satuan TNI dan Polri lainnya, membuat warga sipil jarang yang memiliki kesempatan naik Hercules.

Tapi jika ingin sesekali mencoba naik Hercules, warga sipil bisa menghadiri acara-acara open house yang dilaksanakan tiap bulan April oleh TNI AU.

Acara open house itu biasanya untuk memperingati hari jadi TNI AU atau pada acara open house untuk memperingati hari jadi Skuadron 31 atau Skuadron 32.

Pada acara-acara open house itu biasanya diadakan joy flight (terbang gembira) menggunakan Hercules karena bisa mengangkut ratusan orang sekaligus.

Baca juga: Cerita Heroik Bapak TNI AU yang ketika Masih Jadi Tentara Belanda Pernah Menenggelamkan Kapal Perang Jepang

Tapi sejumlah warga sipil, khususnya keluarga besar TNI AU, para wartawan yang biasa meliput kegiatan TNI AU, para atlet yang menggeluti olahraga dirgantara (ordirga), termasuk warga sipil yang punya banyak kesempatan naik Hercules.

Terbang di dalam perut pesawat Hercules memang berbeda dibandingkan penerbangan menggunakan pesawat komersil yang sejuk dan nyaman serta dilayani oleh para pramugiri ‘kinyis-kinyis’.

Pasalnya terbang menggunakan Hercules yang dikenal sebagai pesawat serdadu dan bisa mengangkut barang lebih dari 20 ton memang jauh dari nyaman.

Begitu masuk ruangan kargo untuk menampung orang sekaligus penumpang tidak ada kursi berderat rapi yang siap diduduki.

Yang ada hanyalah kursi jaring menghadap ke samping dan dalam kondisi tertentu bisa dilipat menempel di dinding pesawat.

Baca juga: 4 Jet Tempur TNI AU yang Meraung-raung di Atas Udara Yogyakarta Itu Tenyata Hendak Menjemput Api Asian Games dari India