Find Us On Social Media :

Di Kansas, Para Veteran Dapat Rumah Mini Gratis untuk Ditinggali Seumur Hidup, di Indonesia Kapan?

By Lila Nathania, Minggu, 12 Maret 2017 | 19:20 WIB

Veteran Village di Kansas

Intisari-Online.com – Melalui Veterans Community Project yang digagas di Kansas, semura orang veteran yang tidak punya rumah dijamin kehidupannya hingga meninggal. Para veteran ini adalah mereka yang dulu mengabdikan hidupnya untuk berperang demi Amerika.

Dengan dukungan donasi yang member komunitas, dibangunlah satu kompleks bernama Veterans Village. Area ini dipenuhi dengan rumah-rumah kecil yang memang sengaja disiapkan untuk tempat tinggal para veteran sepanjang sisa hidupnya.

Saat ini, di Veteran Village terdapat 50 rumah yang ukurannya kurang lebih sama dengan apartemen tipe studio. Setiap orang yang tinggal di sana diberi persediaan makanan dan berbagai kebutuhan lainnya. Di dekat tempat ini juga sedang dibangun pusat konseling yang khusus untuk menangani veteran dengan trauma tertentu.

Veteran Village ini sendiri dibangun dengan semangat ‘veteran membantu veteran’. Jadi, semua dana yang digunakan untuk membangun rumah-rumah mungil tadi berasal dari veteran juga. Proyek ini dibuat untuk menjamin kehidupan para mantan pahlawan perang yang sekarang hidupnya kurang sejahtera dan tidak memiliki rumah.

Walau konsep semacam ini bukan pertama kalinya dibuat di Amerika Serikat, namun pembangunan rumah-rumah mini untuk veteran ini cukup unik dan ekonomis. Wah, kalau di Indonesia sendiri apa mungkin ya para veteran yang tidak punya rumah juga dijamin kesejahteraanya oleh rekan-rekannya sendiri?