Find Us On Social Media :

Ternyata Ada Pertarungan Seru para Intelijen di Balik Segala Informasi yang Ada di Wikipedia

By Bramantyo Indirawan, Sabtu, 11 Maret 2017 | 10:40 WIB

Bot bot bertarung mengganti ribuan konten di Wikpedia

Intisari-Online.com – Apabila ingin mengetahui sebuah informasi secara cepat kita dapat beralih ke Wikipedia.com untuk mencari jawaban. Tapi, jangan lupakan fitur utama situs yang memiliki kemiripan ensiklopedia itu. Yakni semua orang bisa mengubahnya, baik professor, ahli, orang awam, hingga bot.

Kini hal yang unik kerap terjadi, bot atau robot di internet yang digerakkan oleh artificial intelligent (AI) atau intelijen buatan saling bertarung untuk mengganti informasi di Wikipedia. Bot ini saling mengubah artikel beserta informasi lainnya di situs yang berisi konten hingga 40 juta ini.

Seperti manusia mereka bisa mengubah, tetapi perbedaan adalah bagaimana bot-bot yang bertarung ini tidak berhenti-berhenti mengganti informasi di Wikipedia.

Taha Yaserri sebagai ilmuwan asal University of Oxford mengatakan bahwa bot akan lebih gigih saat berkelahi mengganti informasi dibandingkan manusia. “Manusia biasanya akan berhenti setelah beberapa hari, tetapi bot bisa terus berjalan hinga bertahun-tahun,” tambahnya.

Yasseri melakukan penelitian pertarungan bot dan pengubahan yang dilakukannya dari tahun 2001 hingga 2010. Dalam penelitannya para bot memiliki tujuan untuk mendukung situs itu melalui perubahannya, tetapi karena jumlah yang banyak beberapa bot saling bertarung untuk mengubah informasi.

Bahkan bot yang dianggap “bodoh” pun muncul dan berinteraksi hingga mengganti informasi di Wikipedia. Penelitian Yasseri mencoba untuk melakukan risep pada AI. Dari kasus interaksi bot yang dilakukan di situs ensiklopedia ini, informasi berguna seperti manajemen sosial media, cyber-security, hingga kendaraan otonomos.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang pertarungan bot inu? Beranjak ke halaman selanjutnya.