Find Us On Social Media :

Misteri dan Kisah Hidup Penyihir Grigori Rasputin Mengingatkan Kita, Rusia Pernah Mengalami Masa-masa Mengerikan

By Intisari Online, Sabtu, 28 Juli 2018 | 21:00 WIB

Intisari-Online.com - Kisah tentang Rasputin memang bukan hanya tentang ramal-meramal atau kisah mistiknya.

Nama Rasputin mengingatkan dunia betapa Rusia pernah melalui masa-masa mengerikan saat penguasanya telanjur percaya buta kepada seseorang yang mereka percayai mempunyai kekuatan mistik.

Baca juga: Misteri Kematian Grigori Rasputin yang Tewas Diracun Sianida dan Kutukannya terhadap Rusia

Rasputin artinya “orang bejat”.

Kasar kedengarannya, tapi memang demikianlah artinya. Padahal nama aslinya Grigory Yefimovich Novikh.

Tidak diketahui dengan pasti kapan ia lahir, diperkirakan 1872 di Pokrovskoye, dekat Tyumen, Siberia, yang masa itu termasuk wilayah Kekaisaran Rusia.

Diperkenalkan ke istana

Entah mengapa, meskipun sempat bersekolah Grigory yang petani itu tetap buta huruf. Pada umur 18 tahun, ia masuk biara di Verkhoture dan berkenalan dengan sekte Khlysty.

Para anggota sekte ini punya tradisi menyiksa diri sebagai tanda penyesalan akan dosa-dosanya. Namun Grigory menciptakan doktrin baru yang memakai sarana percabulan untuk "mendekatkan diri dengan Tuhan".

Tentu saja hal itu tidak bisa diterima di biara. Jadi pada umur 19 tahun ia keluar dan menikah dengan Proskovia Fyodorovna yang kemudian memberinya empat orang anak.

Pernikahan tidak membuat Rasputin betah menetap. Ia pergi berkelana ke Gunung Athos di Yunani, lalu ke Yerusalem.

Dengan menamakan diri sebagai orang suci, ia menggantungkan hidup dari sumbangan para petani. Ketika itu ia dikenal sebagai penyembuh dan peramal.

Tahun 1903 Rasputin, dengan penampilan jorok dan kotor, tiba di St. Petersburg di Rusia. Kehadirannya menarik perhatian Theophan, inspektur Akademi Keagamaan di kota itu.