Find Us On Social Media :

Inilah Ritual Pengorbanan Suku Maya yang Melempar Anak Laki-laki ke dalam Telaga untuk Menyenangkan Dewa Hujan

By Tatik Ariyani, Sabtu, 28 Juli 2018 | 17:30 WIB

Intisari-Online.com - Bangsa Maya kuno begitu memuja air. Selain dianggap punya kekuatan yang menopang kehidupan manusia, ini adalah cara untuk memuja Chaac si Dewa Hujan.

Di Meksiko kita akan menemukan banyak cenote (lubang-lubang yang terisi air). Orang Maya dulu meyakini bahwa lubang-lubang ini kerap dikunjungi Chaac.

Akibatnya, beberapa cenote dianggap sakral dan digunakan untuk ritual, persembahan dan pengorbanan, sementara lainnya untuk mandi, minum, dan lain sebagainya.

Salah satu mata air yang dianggap suci adalah Cenote Sagrado yang terletak di dekat situs arkeolog utama suku Maya Chichen Itza di Semenanjung Yucatan.

Baca Juga: (Foto) Inilah Potret Nyata Kehidupan Korea Utara yang Diambil Secara Ekslusif, Memilukan!

Baca Juga: Dari Banyuwangi, Tank Boat Pertama di Dunia Lahir dengan Nama Antasena, Siap Menghantam para Perompak

Cenote ini khusus digunakan untuk upacara dan pengorbanan.

Pengorbanan yang dilakukan dengan cara melemparkan orang, baik pria, wanita maupun anak-anak ke dalam air selama musim kemarau untuk menenangkan dewa air.

Baca Juga: Tak Disangka, 7 Selebritas Dunia Ini Dulunya Memiliki Pekerjaan Aneh, Salah Satunya Tukang Gali Kubur

Ketika para arkeolog mengeruk mata air pada abad ke-20, mereka menemukan lonceng emas, topeng, cangkir, cincin, potongan batu giok, dan lainnya bersama dengan tulang manusia.

Namun, pada penemuan terbaru, arkeolog meyakini bahwa pengorbanan manusia oleh bangsa Maya kuno Meksiko untuk dilemparkan ke gua-gua berisi air akemungkinan anak laki-laki dan laki-laki muda, bukannya gadis perawan.

Gua-gua berfungsi sebagai sumber air bagi bangsa Maya dan juga dianggap sebagai pintu masuk ke dunia bawah.