Find Us On Social Media :

Belajar Menghadapi Stress dari Lobster yang Pemberani

By Lila Nathania, Senin, 6 Maret 2017 | 06:03 WIB

Menjadi seperti lobster

Intisari-Online.com – Lobster adalah hewan yang sangat lembut dan lunak. Sepanjang hidupnya, ia tinggal dalam sebuah cangkang yang keras dan kaku. Cangkak lobster yang sangat keras ini tidak bisa membesar sama sekali. Jadi, bagaimana lobster dapat tumbuh jadi lebih besar?

Jadi, setiap kali lobster bertambah besar, cangkangnya ini akan menjadi sangat ketat. Lobster akan merasa ia terhimpit, tertekan, dan sangat tidak nyaman karena keadaan tersebut. Pada masa-masa ini, lobster akan bersembunyi di balik bebatuan. Ia menghindar dari ikan-ikan predator.

Hebatnya, lobster akan keluar dari cangkangnya yang tidak nyaman itu dan membuat cangkang baru seukuran tubuhnya yang sudah lebih besar. Setiap kali bertambah besar, lobster akan melakukan hal ini. Jadi, sepanjang hidupnya, lobster harus berkali-kali meninggalkan cangkang lamanya dan membuat cangkang baru untuk melindungi tubuhnya yang lunak dan lemah.

Apa yang membuat lobster bisa membuat cangkang baru? Semuanya berasal dari stimulus rasa tidak nyaman. Ketika cangkang lamanya sudah terasa begitu sesak dan tak nyaman, lobster akan langsung merasa perlu meninggalkan cangkang itu dan membuat rumah yang baru.

Sekarang, coba bayangkan bila para lobster ini memiliki dokter. Mereka mungkin tidak akan pernah bertumbuh jadi lebih besar sebab setiap ada rasa sakit atau tidak nyaman, mereka memilih untuk pergi ke dokter dan mencari obat penahan rasa sakit.