Find Us On Social Media :

Jangan Menyerah Dulu, Mental yang Lemah Bisa Dilatih Jadi Kuat dengan 4 Cara Ini!

By Tika Anggreni Purba, Jumat, 3 Maret 2017 | 06:30 WIB

Orang yang kuat mental akan selalu berbeda dengan orang yang hanya berpura-pura kuat.

Intisari-online.com - Pengetahuan dan kemampuan sudah mumpuni, tapi tanpa mental yang kuat semua itu belum sempurna. Dalam kehidupan kita memerlukan mental yang kuat seperti kepercayaan diri, kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan mengambil keputusan, dan kemampuan-kemampuan lain.

Seperti yang dilansir di psychologytoday.com, salah satu cara meningkatkan kekuatan mental adalah dengan melatih otak kita untuk bekerja mendukung kesuksesan kita semaksimal mungkin. Mental yang lemah bisa dilatih, kok! Bagaimana caranya?

1. Jangan hakimi diri sendiri

Dalam menghadapi situasi apapun, jangan hakimi diri kita sendiri. Khususnya dalam berkompetisi dalam studi, karier, atau apapun itu, jangan pernah bersiap menjadi seorang yang kalah. “saya pemenang”, “saya pasti bisa”, “saya tidak akan gagal” katakanlah hal-hal yang membangun diri kita sendiri.

(Beranikah Anda Melakukan 10 Hal Ini Agar Makin Kuat Mental?)

Penelitian dari Institute of Sport di Inggris mengungkapkan bahwa cara berpikir yang menyemangati diri sendiri akan mempengaruhi tindakan seseorang. Ingat, manusia adalah apa yang dipikirkannya!

2. Latih kesadaran diri

Kesadaran diri berarti mampu mengenali situasi, berpikir mengenai solusi, dan bersedia melakukan evaluasi diri. Dengan melatih kesadaran diri, kita akan semakin mampu untuk mengendalikan stres.

Penyebab stres semakin lama semakin banyak. Kalau kita tidak melatih kesadaran diri kita sendiri untuk mengendalikan stres dan berbagai hal-hal negatif itu, kita bisa kalah akan dunia ini dan terikut arus.

Klik "2" untuk melanjutkan membaca

(Mereka yang Kuat Mentalnya, Tidak Melakukan Hal Ini Dalam Hidup!)