Find Us On Social Media :

Kain Kiswah Kabah Milik Suryadharma Terjual Rp450 Juta, Berikut Fakta Menarik Kain Penutup Kabah

By , Rabu, 25 Juli 2018 | 15:55 WIB

Intisari-online.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melelang barang rampasan hasil korupsi di gedung penunjang KPK, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Salah satu barang yang dilelang adalah kain kiswah atau kain penutup Kabah milik mantan Menteri Agama Suryadharma Ali.

Suryadharma merupakan terpidana dalam kasus penyalahgunaan wewenang dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2010-2013 dan dalam penggunaan dana operasional menteri.

Harga kain ini dibuka dengan nilai limit Rp22,5 juta. Juru lelang mulai menaikkan harga sembari mendengar penawaran dari para peserta lelang.

BACA JUGA: Video Kabah dalam Sudut Pandang 360 Derajat

Tawaran dari belasan peserta lelang sempat berlangsung sengit pada titik Rp100 juta hingga Rp 300 juta. Tak disangka kain itu akhirnya terjual Rp 450 juta.

"450 satu kali, 450 dua kali, ada yang lain? 450, tiga kali. Ya selamat, saya nyatakan sebagai pemenang," kata juru lelang sambil mengetuk palu.

Pada akhirnya kain berukuran 80 sentimeter x 59 sentimeter ini jatuh ke tangan seorang pengusaha bernama Muhammad Jufri Saad.

Pria asal Madura yang menjalankan usaha besi tua ini mengaku memang sudah mengincar kain tersebut.

BACA JUGA: Terjaring OTT oleh KPK, Bupati Ngada Ternyata Pernah Blokade Bandara Hanya Gara-gara Ini

Sebab, bagi Jufri, kain itu merupakan salah satu koleksi terbaik yang bisa dimiliki seorang muslim.

"Jadi kami keinginan untuk koleksi di rumah dan alhamdulillah dengan angka Rp 450 juta. Kalau kita nilai di Mekkah itu lebih mahal daripada harga yang ada di KPK ini," kata Jufri.

"Kain khusus kiswah ini memang mulai seminggu kemarin saya incar sampai sekarang alhamdulillah juga dapat ini," sambungnya.