Find Us On Social Media :

Menguak Misteri Warna-warna pada Buah dan Sayuran

By Ilham Pradipta M., Sabtu, 18 Februari 2017 | 16:00 WIB

18 Trik Cerdik Ini Menjamin Buah-buahan dan Sayuran Anda Selalu Segar (2)

Intisari-Online.com - Menurut penelitian buah dan sayuran yang bewarna-warni tidak saja menggugah selera, tapi juga memberikan manfaat kesehatan yang berlimpah. Semakin berwarna makanan yang ada dalam piring kita, semakin lengkap pula kandungan gizi yang kita peroleh. Kok bisa? Sebab tiap-tiap warna memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda.

Menurut konsultan gizi sekaligus praktisi kebugaran, Jansen Ongko, Msc, RD, setiap warna memiliki kandungan unik bernama phytochemical yang dapat melawan penyakit tertentu. Nah, berikut nutrisi dan gizi yang tersimpan dalam warna-warna buah dan sayuran:

1. Merah

Buah atau sayuran berwarna merah mengandung likopen. Likopen ini merupakan antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, sayur dan buah berwarna merah juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan dapat menurunkan risiko kanker.

2. Ungu atau biru 

Warna ungu dan biru pada sayur dan buah disebabkan oleh pigmen tanaman berupa antosianin. Antosianin tak hanya memberikan warna saja, tapi juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan sehingga dapat membantu menurunkan risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung.

3. Orange/kuning 

Buah dan sayuran yang memiliki warna ini mengandung karotenoid dan beta karoten. Keduanya bisa kita temukan pada ubi jalar, labu, dan wortel. Beta karoten ini akan diubah menjadi vitamin A yang membantu menjaga kesehatan membran mukosa lambung dan kesehatan mata. Karotenoid  juga memiliki tipe lain bernama lutein. Lutein inilah yang dapat mencegah katarak dan penyakit mata yang berkaitan dengan degenerasi makula penyebab kebutaan.

4. Hijau 

Nah, yang satu ini mengandung berbagai phytochemical termasuk karotenoid, indoles, dan saponin. Ketiganya memiliki sifat antikanker. Selain itu, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli juga juga kaya akan folat yang baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, Alzheimer, dan kanker

5. Putih atau coklat

Kedua warna ini  mengandung berbagai phytochemical seperti allicin, seperti dalam bawang putih, yang dikenal sebagai antivirus dan antibakteri. Sejumlah riset menunjukkan kalau allicin membantu mengatasi infeksi dan melawan bakteri  penyebab racun dalam makanan. Riset lainnya juga mengatakan,  kandungan kimia ini membantu mengatasi pembekuan darah dan menghalau jenis kanker tertentu.

Selain bawang, beberapa kelompok buah dan sayur yang termasuk kategori ini antara lain pisang dan kentang. Kedua merupakan sumber potassium yang baik. Potasium sendiri merupakan mineral yang melindungi pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan menjaganya dari penebalan.