Find Us On Social Media :

Dari Museum Dosa Sampai Museum Takhayul, Inilah Lima Museum Aneh Di Rusia

By Mentari Desiani Pramudita, Jumat, 17 Februari 2017 | 13:02 WIB

Museum of Myths and Superstitions.

Intisari-Online.com- Museum biasanya tempat menyimpan benda-benda bersejarah dan kuno. Namun berbeda dengan sederet museum di negara Rusia ini. Ada beberapa koleksi dalam museum ini yang unik bahkan terkesan menakutkan. Apa saja? Berikut lima museum aneh di Rusia.

(Siapa Sangka, Makan Es Krim ketika Sarapan Bagus untuk Kesehatan Mental dan Kewaspadaan)

1. Museum Sigmund Freud Dream

Museum ini berada di St. Petersburg’s Eastern European Institute of Psychoanalysis. Di dalam museum ini kita bisa mengeksplorasi rasa ingin tahu tentang teori dari alam bawah sadar ala Freud. Ada dua ruang di museum unik pertama ini. Ruang pertama dikhususkan untuk dua belas tahap perkembangan kepribadian sementara ruang kedua adalah tempat untuk mensimulasikaskan ketertarikan dalam psikoanalisis.

(The Museo Atlantico, Museum Bawah Air Pertama Di Eropa)

2. Museum of Funeral Culture

Museum aneh kedua ini berada di Novosibirsk, kota terbesar ketiga setelah Moscow dan St. Petersburg. Di sini terdapat sebuah museum yang mendedikasikan untuk budaya pemakaman di seluruh dunia. Seperti koleksi pakaian untuk berkabung di era Victoria, topeng kematian, patung-patung, dan monument. Salah satu koleksi di museum ini adalah sebuah peti mati dari Afrika yang dirancang oleh Eric Adjetey Anang. Peti ini menyerupai ikan. Suasana di museum juga dibuat sepi dan gelap agar suasana pemakanan terasa.

3. Museum of the Sin

Museum Dosa berada di kota Tambov ini mengoleksi 700 kontainer yang berisikan berbagai macam organ tubuh manusia, bagian tubuh manusia, bahkan embrio yang telah diawetkan. Seluruh koleksi di museum ini dikumpulkan oleh Yuri Schukin, seorang ahli patologi. Konsep museum ini seperti terjebak dalam film horror. Di sana kita bisa melihat anak berwajah tampan tapi otaknya berlapis dua, atau bocah bermata lima dan masih banyak lagi. Banyak yang berkata jika ke luar dari museum ini maka kita akan berhenti melakukan dosa.

(Museum Unik di Jepang Ini Tampilkan Lebih dari 1.700 Batu Alami yang Berbentuk Mirip Wajah Manusia)

4. Museum of Reptile

Jika biasanya tempat kumpulan hewan disebut kebun binatang, maka di desa yang bernama Privolzhsky ini ada museum yang mengoleksi hewan. Bukan sembarang hewan tepatnya sejenis reptil atau khususnya ular. Memang di daerah bagian Tver ini dulunya merupakan populari terbesar ular. Ada ratusan jenis ular yang diawetkan di atas batu, besi, dan kayu. Tidak hanya ular, museum ini juga terkenal menjadi tempat kelahiran naga legendaris berkepala tiga Zmey Gorynych yang ada di dalam cerita rakyat Rusia.

5. Museum of Myths and Superstitions

Siapa yang masih percaya mitos dan takhayul? Ternyata tidak hanya di Indonesia saja ada hal-hal gaib seperti ini. Di Rusia bahkan ada sebuah museum di mana pengujung bisa mengamati ritual rakyat dan perayaan Rusia yang masih bebau mitos. Seperti dewa kuno, kepercayaan, dukun, penyihir, dan masih banyak lagi. Pengujung juga dapat mendengarkan rekaman dari dongeng dan legenda, mencari tahu tentang jimat, dan metode penyembuhan instant. Ada banyak tokoh dan boneka ‘roh-roh jahat’ yang disebutkan dalam legenda dihadirkan dalam museum ini.