Find Us On Social Media :

Suami yang Gajinya Lebih Kecil dari Istri Rentan Mengalami Masalah Kesehatan Serius, Benarkah?

By Aulia Dian Permata, Sabtu, 21 Juli 2018 | 18:15 WIB

Intisari-Online.com - Siapa sangka, ternyata ada hubungan antara besarnya jumlah rekening tabungan istri dengan status kesehatan yang buruk pada pria.

Menurut sebuah studi terbaru dari Rutgers University, pria yang menghasilkan uang lebih sedikit dibanding istrinya kemungkinan besar memiliki masalah kesehatan.

Studi yang dipublikasikan di Journal of Aging and Health itu menganalisis pendapatan dan data kesehatan dari 1.000 pasangan yang menikah setidaknya 30 tahun pada tahun 1992.

Jika pada awal hubungan wanita sebagai pencari nafkah utama (ketika pria berusia 20 dan 30an) dan terus berlanjut, maka suami akan menghadapi risiko berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: Fakta Menarik Geisha Wanita Penghibur Jepang, Makin Tua Justru Makin Mahal 'Harganya'

Misalnya penyakit jantung, maag dan bahkan penyakit paru-paru kronis, dari pada pria yang memiliki penghasilan lebih tinggi, menurut penelitian tersebut.

Para pria yang mengalami transisi di usia 50-an dan 60-an juga memiliki sedikit peningkatan resiko tekanan darah tinggi dan cenderung mengalami penurunan dalam mood mereka.

Apa hubungan antara kesehatan dan gaji istri?

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa kehilangan perasaan dominasi atau pengaruh sosial sebagai pencari nafkah utama dapat menurunkan sistem kekebalan dan pembuluh darah serta jantung.

Baca Juga: Bermodal Sendok Makan, 3 Orang Ini Berhasil Kabur dari Penjara Super Ketat Alcatraz, Ini Nasib Mereka Kini

Terlebih lagi, sebagian pria mungkin merasa terancam dan mencari kompensasi dengan melakukan perilaku yang identik dengan kesan tangguh dan kasar, seperti merokok, terlalu banyak minuman keras, makan apa pun yang diinginkan, atau melewatkan pemeriksaan kesehatan ke dokter.

Kombinasi semua hal itu tentu saja berdampak buruk bagi kesehatan.

Peserta penelitian ini lahir pada tahun 1930-an, dan norma gender yang mereka anut jauh berbeda dari sekarang.