Find Us On Social Media :

Dari Iis Laeliyah ke Iis Dahlia, dari Penyanyi Pop Mandarin dan Senam Disko Menjadi Penyanyi Dangdut Andalan

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 21 Juli 2018 | 07:00 WIB

Intisari-Online.com - Nama Iis Dahlia menjadi buah bibir belakangan ini.

Apalagi jika bukan soal komentarnya kepada seorang peserta audisi pencarian bakat penyanyi dangdut di sebuah stasiun tivi swasta.

Soal meniti karier dari bawah, Iis Dahlia jangan ditanya.

Tabloid Nova 1 Maret 1992 pernah mengulas bagaimana perempuan berkumis tipis ini memulai kariernya dari bawah.

Baca juga: Terungkap Sudah, Inilah Maksud Baik Iis Dahlia 'Usir' Waode Sofia Saat Audisi KDI

***

Penyanyi pop pindah ke jalur dangdut, itu biasa. Tapi kalau si penyanyi bisa tetap bertahan di jalur itu, bahkan semakin ngetop, itu baru langka.

Salah satu dari yang langka itu adalah Iis Dahlia. Perempuan kelahiran Indramayu itu saat ini dikenal sebagai spesialis dangdut.

Ia pernah menerima Golden HDX Award dari perusahaan kaset HDX, karena album Tamu Tak Diundang-nya meraih kopi terbanyak sepanjang tahun 1991.

Sebelum berdangdut, Iis yang bemama asli Iis Laeliyah ini, sempat hadir di dunia rekaman musik pop. Album pertama Iis berjenis pop Mandarin dan diedarkan tahun 1987.

Dua tahun kemudian, ia hadir lagi dalam sebuah album senam disko. Baru di tahun 1990-lah, ia "resmi" menekuni dangdut. Saat itu, ada produser yang menawarinya berdangdut.

Setelah dites, vokal Iis dianggap memenuhi syarat. Dan jadilah album Juned.

Iis yang pernah tiga kali menjadi juara IMTQ se-Indramayu ini, akhirnya malah betah di dangdut. Sebetulnya, aku Iis, "Saya suka semua jenis musik."