Find Us On Social Media :

Inilah Alasan Mengapa Kita Membutuhkan Harddisk Eksternal Untuk Menyimpan Data

By Lintang Bestari, Minggu, 5 Februari 2017 | 08:00 WIB

Sediakan hard disk eksternal sebagai cadangan penyimpanan data

Intisari-Online.com – Jika ada ‘kecelakaan’ seperti kopi tumpah yang membuat laptop mati, maka data-data yang ada di dalamnya pun mati juga. Itu merupakan hal yang buruk karena penyimpanan internal di laptop menyimpan dokumen, foto, video dan hal lainnya yang mungkin berharga untuk Anda. Jadi, sangat penting untuk memiliki hard disk eksternal sebagai tempat penyimpanan data cadangan.

(5 Trik Bikin Media Penyimpanan Smartphone Android Tak Cepat Penuh)

Pilih harddisk dengan desain yang ringan dan mudah dibawa, namun memiliki kualitas penyimpanan yang baik. Beli harddisk dengan kapasitas sesuai kebutuhan data-data Anda. Salin data dari laptop atau komputer ke harrdisk eksternal sehingga ketika hal buruk terjadi, Anda telah memiliki backup.

Jika Anda benar-benar takut kehilangan data, Anda juga bisa menyimpan data melalui internet. Misalnya menggunakan iCloud, Dropbox dan Google Docs. Ini bisa menjadi cara ketiga untuk berjaga-jaga jika harddisk eksternal Anda tiba-tiba rusak atau hilang. Daripada menyimpan banyak data di laptop atau computer, lebih baik menyimpannya di harddisk eksternal atau ketiga situs penyimpanan data tadi. Dengan begitu, kinerja laptop dan komputer pun tidak terhambat karena kebanyakan data.

(Krisis Media Penyimpanan Data Digital)

Perlu diingat, kita harus memperbaharui penyimpanan secara berkala. Jadi, dokumen-dokumen terbaru bisa di-backup juga.