Find Us On Social Media :

Hasilkan 216 Ribu kWh Energi, Turbin Raksasa Denmark Berhasil Pecahkan Rekor

By Bramantyo Indirawan, Kamis, 2 Februari 2017 | 16:03 WIB

V164 ? 8.0 MW memecahkan rekok di Denmark sebagai penghasil energi terbesar.

Intisari-Online.com – Denmark telah menciptakan turbin raksasa berukuran 220 meter yang berhasil memecahkan rekor dunia. Sebesar 216.000 kWh atau kilowaat per jam energi berhasil diproduksi turbin ini selama kurun waktu 24 jam.

(Batubara Menipis, Negara China Hentikan Pembangunan 103 Pembangkit Listrik Bertenaga Batubara)

Sebagai gambaran, 216.000 kWh dapat menyokong energi kepada alat rumah tangga sebuah rumah modern seperti di Amerika Serikat selama 20 tahun. Mengingat itu semua hanya memerlukan waktu satu hari, cukup menakjubkan bukan?

Terletak di pesisir Østerild, negara Eropa Utara ini memberikan standar baru dalam pembuatan energi yang dihasilkan oleh kekuatan angin. Turbin ini adalah hasil kerja sama dengan Vestas Wind System dan Mitsubishi Heavy Industries yang pernah menunjukkan sebuah prototipe pada akhir tahun 2016 melalui tubrin 9 megawattnya (MW).

(Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Dunia Ini Ada di India)

Kini mesin penghasil energi tersebut telah menjadi V164 – 8.0 MW yang merupakan versi lebih canggih dan lebih produktif dibandingkan model standar 8 MW.

Pada tanggal 1 Desember 2016 mesin ini berhasil memproduksi 215.999.1 kWh dalam kurun waktu 24 jam, sebuah rekor baru untuk turbin angin komersial yang berada di daerah lepas pantai.

Apa masa depan dari turbin pemecah rekor ini? Cari tahu di halaman berikutnya.