Find Us On Social Media :

Para Ilmuan Ungkap Blueprint Komputer Super Kuantum Seukuran Lapangan Sepakbola

By Mentari Desiani Pramudita, Kamis, 2 Februari 2017 | 15:08 WIB

Para Ilmuan Ungkapkan Blueprint Tentang Super Komputer Kuantum.

Intisari-Online.com- Para ilmuan tidak henti-hentinya melakukan penelitian yang membantu kehidupan manusia. Kali ini, para ilmuan membuat sebuah blueprint untuk komputer kuantum yang praktis.

Blueprint ini menguraikan bagaimana membuat komputer kuantum berukuran lapangan sepakbola. Ini diklaim dapat memecahkan rekor terkait masalah teknologi revolusioner yang bisa kita buat.

(Muhammad Hamza Shahzad, Masih 7 Tahun dan Telah Menjadi Programer Komputer Termuda di Dunia)

“Kami sekarang menerbitkan rencana dan desain untuk konstruksi komputer kuantum skala besar,” ucap Winfried Hensinger, salah satu tim dari Ion Quantum Technology Group di Sussex University di Inggris. Ini adalah rencana yang mampu merubah hidup. Kami bahkan tidak bermimpi dalam membuat ini sebelumnya, lanjutnya.

Komputer kuantum ini memakai teknologi dari pemenang hadiah Nobel Fisika Richard Feynman tahun 1982. Berbeda dengan komputer yang ada sangat ini yang terbatas hanya 1 dan 0 dari biner bit kode, komputer kuantum didasarkan pada qubit. Berkat efek ‘seram’ atas nama kuantum, masing-masing qubit dapat mengambil 0, 1, atau ‘superposisi’ dari dua.

(Upgrade Dulu Hard Drive Komputer Anda Sebelum Memutuskan Membeli yang Baru)

Jadi, daripada komputer hanya bisa pada bit 1 atau 0 pada saat tertentu, qubit bisa saja menggunakan semuanya sekaligus.

Secara terbuka, ilmuan telah mengklaim D-Wave 100 juta kali lebih cepat dari laptop Anda. Bahkan berpotensi lebih transformatif dari rencana. Dan diatur untuk merevolusi bagaimana kita memproses sejumlah besar data di masa depan.

“Dengan konsep ini, kami menyertakan metode untuk memperbaiki kesalahan yang ada dan memungkinkan untuk membangun sebuah perangkat skala besar,” jelas Hensinger.