Find Us On Social Media :

Cara Mengatasi Perut Keroncongan Pas Lapar...

By Agus Surono, Rabu, 1 Februari 2017 | 10:00 WIB

Bahayanya Meniup Makanan Panas

Intisari-Online.com - Pernah mengalami hal ini? Perut tiba-tiba berbunyi pas di suatu keheningan pertemuan atau doa. Malu? Tentu saja. Sekarang tak perlu risau. Cobalah cara mengatasi perut keroncongan pas lapar ini.

(Inilah lima masalah medis penyebab merasa lapar.)

Bunyi yang timbul dari perut saat kita lapar namanya borborygmus. Tapi perlu diingat, perut bunyi tidak musti tanda kalau kita lapar, lo. Bunyi ini timbul karena adanya gerakan dari sistem pencernaan kita. Saat ada makanan masuk ke lambung, akan ada otot-otot yang menggerakan dan mendorong makanan. Namanya gerak peristaltik. 

Gas dan udara

Makanan akan bercampur dengan air dan zat-zat yang ada di lambung. Semuanya berubah jadi adonan yang lengket. Nah, gas dan udara yang ada di usus juga ikut bergerak. 

(Kenali gejala naiknya asam lambung ini demi mencegah kanker esofagus.)

Adonan yang lengket itu akan terpecah menjadi bagian yang lebih kecil supaya lebih mudah diserap tubuh. Gas dan udara ikut tertekan. Saat proses tertekannya udara dan gas ini, perut kita jadi berbunyi. 

Perut kosong

Bunyi yang keluar bisa lebih besar kalau tidak ada makanan yang masuk ke perut, lo. Jadi saat perut kita kosong, otak akan menyuruh otot lambung melakukan gerak peristaltik kembali. Gerak peristaltiknya akan mendorong sisa makanan dari hasil pencernaan tadi termasuk gas dan udara yang jumlahnya banyak. Kita pun jadi lapar.

(Mari kita bedakan lapar fisik dan lapar mata.)

O iya, kita bisa mengurangi bunyi perut ini, lo. Caranya dengan makan dalam porsi kecil tapi sering. Jangan makan banyak dalam satu waktu sekaligus. Kita juga harus menghindari makanan dan minuman yang mengandung gas seperti soda. 

Nah, sekarang jadi paham menghindari bunyi yang memalukan itu kan?