Bersaing dengan Jajaran Klub Elite Eropa, Dua Klub Asal Indonesia Ini Melejit di Media Sosial

Moh. Habib Asyhad

Penulis

Interaksi dan dukungan dari suporter Indonesia menunjukkan tradisi kuat dari sepak bola Indonesia, berikut ini datanya.

Intisari-online.com - Media sosial merupakan sarana penting pada era digital ini, yang berguna sebagai tempat sosialisasi.

Di samping itu media sosial juga berperan penuh sebagai sarana mendapatkan sekaligus membagikan informasi.

Bahkan tim sepakbola sekalipun membutuhkan media sosial untuk menjangkau pendukungnya di belahan dunia manapun.

Seperti peluncuran jersey, pengenalan pemain, laporan pertandingan, dan lainnya sekarang ditayangkan melalui media sosial tim.

Baca Juga :Inilah Potret Memilukan Kehidupan Penjara di Israel yang Hanya Dihuni Oleh Perempuan

Baca Juga :Masih Ingat Kakek 75 Tahun yang Nikahi Gadis Berusia 25 Tahun? Begini Kondisi Keduanya Sekarang

Mengetahui pentingnya peran media sosial khususnya di dunia sepak, tentu setiap tim sepak bola besar dari seluruh dunia memiliki media sosialnya masing-masing.

Dari sekian banyak tim elit di dunia ini mungkin hanya tim-tim terkuat dari turnamen-turnamen terbaik dunialah yang namanya paling dikenal.

Meski anggapan tersebut tidak salah, rupanya tim asal Asia khususnya Indonesia juga unjuk gigi jika soal reaksi penggemar melalui media sosial.

Menurut laporandeportesyfinanzas, beberapa klub asal Asia Tenggara berada di 30 klub yang paling berinteraksi di media sosial untuk bulan Mei lalu.

Baca Juga :Inilah Kisah Lain dari Dyah Putri Utami, Pengantin Baru yang Tuliskan 'Suamiku Selamat Jalan'

Setidaknya ada dua klub asal Asia Tenggara dengan interaksi tinggi, yaitu Persib Bandung dan Persija Jakarta, dua-duanya kebetulan dari Indonesia.

Persib Bandung menempati urutan ke-14 dengan angka 14.661.734 sedangkan Perija Jakarta di urutan-15 dengan angka 14.130.0836.

Untuk Twitter, Persib Bandung menempati peringkat ketujuh dengan total interaksi 172.333.

Lebih menarik lagi, jumlah interaksi akun Persib Bandung di Facebook melampaui tim-tim Eropa seperti Galatasaray, AS Roma, FC Porto, dan Paris Saint Germain.

Baca Juga :Inilah Kisah Lain dari Dyah Putri Utami, Pengantin Baru yang Tuliskan 'Suamiku Selamat Jalan'

Untuk Twitter, Persib Bandung berada di grup 10 tim Asia dengan interaksi paling banyak di Twitter.

Persib menduduki peringkat keenam sementara Persija Jakarta sebelumnya menduduki peringkat kedelapan kini tak terlihat.

Angka-angka tersebut menunjukkan fanatisme dan loyalitas dari suporter Indonesia cukup besar khususnya di bidang sepak bola.

Meski hingga kini, Indonesia belum menunjukkan prestasi sepak bolanya di kancah dunia.

Setidaknya dukungan besar dan loyalitas tanpa batas dari suporter, menunjukkan Indonesia memiliki tradisi sepak bola yang besar.

Artikel Terkait