Find Us On Social Media :

Inilah Cara Terbaik Meminjam Uang

By Lintang Bestari, Senin, 30 Januari 2017 | 08:00 WIB

Jelaskan kepada si peminjam mengapa kita membutuhkan uang tersebut dan yakinkan mereka bahwa kita akan bertanggung jawab

Intisari-Online.Com – Ketika kesulitan menghampiri dan kita harus meminjam uang dari teman atau kerabat dekat, apa yang harus dilakukan? Harus ada cara terbaik meminjam uang agar kita bisa menyelesaikan masalah sementara dengan baik pula.

Berikut cara-cara terbaik meminjam uang:

1. Ceritakan dengan jelas kebutuhan kita

Sebelum meminjam uang dari orang lain, sebaiknya buat perencanaan keuangan terlebih dahulu. Dengan begitu, ketika orang yang ingin meminjamkan uang bertanya, kita bisa menjelaskan dengan baik untuk apa uang tersebut. Kita harus jujur sehingga mereka yakin kita akan bertanggung jawab dengan uang yang dipinjamkan.

2. Pahami masalah keuangan yang dialami

Pahami perasaan diri sendiri. Apakah meminjam uang membuat kita merasa bersalah? Apakah aksi ini akan membuat kita bergantung kepada orang lain? Kita memiliki tanggung jawab jika meminjam uang dari orang lain. Sebaiknya pahami dulu apakah kita siap menanggung beban tersebut. Apalagi jika jumlah dana yang dipinjam cukup besar.

3. Berbicara soal perjanjian

Apakah pinjaman ini hutang atau hadiah? Jika memang hutang, adakah bunganya? Kapan waktu pengembaliannya? Tanyakan hal-hal tersebut kepada si peminjam uang. Dengan begitu, kedua belah pihak nantinya tidak akan merasa dirugikan. Jika perlu, buat perjanjian di atas kertas agar tidak ada yang menyalahgunakan hal ini.

Itulah cara terbaik meminjam uang. Mungkin, Anda bisa mencobanya.