Find Us On Social Media :

Punya Ikatan Batin yang Kuat, Salah Satu Tanda Keluarga Bahagia

By Tika Anggreni Purba, Senin, 23 Januari 2017 | 18:01 WIB

5 Alasan Pentingnya Liburan Bersama Keluarga

Intisari-Online.com—Betul, kalau keluarga yang bahagia pasti memiliki ikatan batin yang kuat. Sebagai pemimpin dalam keluarga, orangtua berkewajiban untuk meningkatkan ikatan batin antar-anggota keluarga. Bagaimana caranya? Berikut 10 cara praktis meningkatkan hubungan dan ikatan batin dalam keluarga:

1. Jadwalkan waktu bersama keluarga (family time)

Buatlah waktu yang terjadwal, setidaknya seminggu sekali untuk seluruh anggota keluarga berkumpul melakukan aktivitas menyenangkan bersama. Dengan jadwal tertentu, semua anggota keluarga akan mengosongkan jadwalnya di hari itu.

2. Makan bersama

Penelitian menunjukkan bahwa makan bersama saat sarapan, makan siang, atau makan malam akan membantu meningkatkan komunikasi dalam keluarga. Sebisa mungkin usahakan untuk makan bersama keluarga setidaknya satu kali sehari. Jangan biarkan ada gangguan seperti ponsel di meja makan.  

(Tinggal Jauh Dari Keluarga? Ingat 4 Cara Mengatasi Homesick Ini)

3. Kerjakan pekerjaan rumah bersama

Berikan tanggung jawab untuk melakukan pekerjaan rumah pada setiap anggota keluarga. Pilih salah satu pekerjaan rumah yang harus dikerjakan bersama, misalnya membersihkan halaman.

4. Membuat misi keluarga

Mungkin terlihat seperti visi dan misi dalam pekerjaan, namun dalam keluarga juga diperlukan misi. Cobalah membuat misi kecil-kecilan yang harus dipenuhi oleh semua anggota keluarga. Misalnya, belajar tepat waktu, dll.

5. Memiliki rapat keluarga

Baik secara formal maupun nonformal, rapat keluarga penting dilakukan. Gunanya untuk saling mengenal satu sama lainnya, menyampaikan isi hati, mengevaluasi diri, dan membicarakan hal-hal penting terkait masa depan atau rencana-rencana ke depan.

Klik "2" untuk melanjutkan membaca.

(Betapa Pentingnya Membangun Ikatan Batin Orangtua dan Anak)