Find Us On Social Media :

5 Hal Rahasia di Balik Gedung Putih

By Gloria Samantha, Minggu, 22 Januari 2017 | 17:00 WIB

Gedung Putih

1. Saat Presiden akan bercinta

Kode khusus Secret Service saat POTUS (President of The US) akan bercinta dengan FLOTUS (First Lady of The US). Dengan padatnya jadwal mereka dalam 24 jam, hanya ada sedikit waktu jika Presiden ingin berduaan dengan istrinya saja. Presiden diberi sebutan 'Renegade', sedangkan First Lady diberi sebutan 'Renaissance'. Adapun kode untuk quality time mereka adalah 'mendiskusikan problem Bosnia'. Bayangkan! Jadi kurang lebih ajudannya bilang demikian; "Renegade can't be disturbed right now. He and Renaissance are discussing the Bosnian problem." (Renegade tak bisa diganggu sekarang. Dia dan Renaissance sedang mendiskusikan problem Bosnia.)

2. Pindahan

Pindah rumah pasti repot. Namun ternyata tak ada banyak waktu bagi Presiden baru beserta keluarganya pindah ke dalam Gedung Putih. Pelaksanaannya dibatasi hingga 12 jam. Selama itu, petugas yang membantu pindah harus membongkar barang, mengatur furnitur dan barang-barang pribadi, membersihkan dan merapikannya dan itu selesai sebelum pukul dua belas tengah malam.

3. Ruang Situasi

Publik masih mengetahui atau pernah mendengar mengenai Ruang Situasi di bawah (basement) Gedung Putih, yang merupakan ruangan di mana Presiden bersama para penasihatnya berkumpul mengadakan rapat ketika terjadi suatu krisis. Nah, terletak di samping Ruang Situasi ada juga pusat perbelanjaan (mal) mini yang dilengkapi toko-toko termasuk memiliki toko bunga dan klinik dokter gigi. Era Nixon, dibangun arena permainan boling.

4. Ramah difabel

Bangunan Gedung Putih merupakan salah satu bangunan pemerintah perdana dengan fasilitas memadai untuk akses kursi roda. Sebab, di masa Presiden Franklin Delano Roosevelt tinggal di sana pada 1933-1945, seluruh bangunan Gedung Putih dan area sekitarnya dirombak demi mengadaptasi FDR yang harus memakai kursi roda karena mengidap polio.

5. Berhantu

Gedung Putih berhantu? Sudah sering merebak kabar soal Gedung Putih "dihuni" para mantan presiden. Entah benar atau tidak, tetapi faktanya Perdana Menteri Inggris Churchill pernah menolak menginap di Kamar Tidur Lincoln karena merasakan hantu Abraham Lincoln menampakkan diri kepadanya di samping perapian ketika dia sedang melangkah keluar keluar dari kamar mandi.