Find Us On Social Media :

Inilah Alasan Kenapa Kita Harus Berciuman Hari Ini

By Moh. Habib Asyhad, Sabtu, 21 Januari 2017 | 17:30 WIB

Menutup mata saat berciuman

Intisari-Online.com - Tak sekadar untuk menambah kemesraan dengan pasangan, berciuman juga punya beberapa manfaat lainnya. Mulai dari soal imunitas hingga menghilangkan stres.

(Ini yang Diinginkan Pria dari Pasangannya Saat Berciuman)

Sekadar informias, studi 2015 menyebut, setengah masyarakat tidak berciuman. Bahkan, banyak dari mereka yang menganggap ciuman sebagai sesuatu yang menjijikan. Para peneliti menyimpulkan hasil ini setelah meneliti 168 budaya di dunia. Ternyata, hanya 46 persen yang menganggap ciuman sebagai perilaku romantis.

Lepas dari itu, seperti disebut di awal, setidaknya ada tiga alasan kenapa kita harus berciuman, hari ini juga!

Meningkatkan imunitas tubuh

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Medical Hypotheses menemukan bahwa wanita bisa membangun kekebalan tubuh terhadap virus dan bakteri, termasuk cytomegalovirus (CMV), dengan pasangan yang sudah terinfeksi.

Penemuan serupa juga diungkapkan dalam studi oleh Wilkes University. Para peneliti berkata bahwa pasangan yang berhubungan seksual dan berciuman setidaknya seminggu sekali memiliki antibody immunoglobin A yang lebih tinggi.

Menurunkan resiko alergi

Para peneliti Jepang yang mempelajari hubungan ciuman dan alergi pada tahun 2005 menemukan bahwa pasangan yang berciuman setidaknya 30 menit memiliki tingkatan alergen IgE yang lebih rendah. Alergen tersebut menyebabkan bersin dan hidung gatal.

Menurunkan stres

Apakah Anda sedang stres? Jika ya, sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh Arizona State University pada tahun 2009 mengusulkan Anda untuk segera mencium pasangan.

Penelitian tersebut menemukan bahwa berciuman dapat menurunkan stres dan membuat Anda menjadi lebih tenang. Hal ini disebabkan karena ciuman menstimulasi produksi oxytocin dan endorphin. (Kompas.com)