Find Us On Social Media :

Jadi Orang Terakhir yang Keluar dari Gua saat Evakuasi 12 Remaja, 'Sang Pahlawan' Ini Malah dapat Kabar Duka

By Intisari Online, Kamis, 12 Juli 2018 | 17:30 WIB

Intisari-Online.com - Inilah cerita Dr Richard Harris, seorang dari anggota tim penyelamat evakuasi di Gua Tham Luang, Thailand.

Dr Richard Harris merupakan orang terakhir yang keluar dari Gua Tham Luang setelah berhasil menyelamatkan semua orang yang terperangkap.

Ia berperan amat penting dalam operasi yang dianggap sebagian publik sebagai mission impossible tersebut.

Namun hal itu tak mematahkan semangat Dr Richard Harris.

Baca juga: Kisah Luka Modric, dari Anak Pengungsi di Zona Perang Sampai Bawa Kroasia ke Final Piala Dunia 2018

Selain sebagai dokter, Harris juga berprofesi sebagai sebagai penyelam berpengalaman lebih dari 30 tahun di perusahaan MedSTAR dengan basis di Australia.

Pengalaman panjangnya tersebut membuat kemampuan menyelam Harris amat mumpuni dan ia sering mengevakuasi korban dari tempat sulit.

"Harry adalah orang yang pendiam dan baik hati yang tidak berpikir dua kali untuk menawarkan diri dalam misi penyelamatan ini," ungkap Andrew Pearce, bos Dr Harris dan direktur klinis MedSTAR.

Harris yang merupakan ahli anestasi berusia 53 tahun itu juga berperan penting saat gagasan medisnya yang brilian dalam misi evakuasi itu.

Baca juga: Asyik Berpose saat Liburan di Pantai, Model Cantik Katarina Zarutski Diterkam Hiu

Gagasannya ialah membuat anak-anak yang terjebak tetap tenang selama berenang menyusuri lorong sempit sepanjang 1,7 kilometer hingga mencapai permukaan.

Saat Harris berhasil mencapai titik di gua dimana korban terjebak, Harris lantas memberikan obat penenang dosis ringan untuk mereka agar mereka mampu mengendalikan diri selama berada di dalam air.

Harris mempertaruhkan nyawanya untu menyelamatkan 12 orang anak pemain sepak bola Thailand itu.