Find Us On Social Media :

Benarkah Film-film James Bond Mengajarkan Kita Merokok?

By Bramantyo Indirawan, Jumat, 20 Januari 2017 | 19:33 WIB

Pada tahun 1960-an James Bond seringkali merokok di film-filmnya.

Intisari-Online.com – James Bond dikenal oleh dunia melalui berbagai film mata-matanya. Dimulai dari film Dr. No (1962), waralaba hiburan ini bermula dari serial novel yang dibuat oleh seorang petugas intelijen Angkatan Laut Inggris bernama Ian Fleming.

Ciri khas dari tokoh ciptaan Fleming ini adalah bagaimana ia sangat dingin, lihai saat berhubungan dengan wanita, dan memiliki ketertarikan pada hal-hal wah seperti mobil cepat serta gawai canggih.

Beberapa karakteristik itu menarik para penontonnya untuk mengikutinya. Dari membeli jam, berpakaian rapih dengan jas, hingga belajar untuk berbicara kepada wanita dengan lebih cakap.

Selain itu, kebiasan lain yang kerap ditiru para penontonya adalah bagaimana mata-mata bertuksedo ini merokok.

 “Secara ilmiah film dapat mempengaruhi anak remaja untuk merokok. Muncul kemungkinan bahwa film-film Bond berkontribusi pada pola umum yang dicontohkan oleh Bond sebagai tokoh utama dan para wanita di filmnya,” ungkap Nick Wilson, seorang doktor medis yang mempelajari kesehatan publik di University of Otago.

Nick menonton seluruh 24 film James Bond. Di film pertama yaitu Dr. No, kita bisa melihat bahwa Bond dan para wanita yang menjadi lawan mainnya seringkali merokok.

Setelah menonton semuanya, Nick mengatakan bahwa hanya film Casino Royale (2006) yang tidak berisi kegiatan merokok secara keseluruhan. Penelitiannya yang dipublikasikan di Tobacco Control juga menemukan bahwa Bond sendiri tidak pernah merokok sejak tahun 2002 di film-filmnya.

Puncak kegiatan merokok di film James Bond adalah saat serial filmnya baru saja dimulai pada tahun 1960-an. Waktu rata-rata ia menghisap rokok di film adalah 19 menit setelah film dimulai.

Lanjutkan halaman berikutnya untuk mengetahui tentang fakta James Bond dan kegiatan merokok yang dipengaruhinya.