Find Us On Social Media :

Sering Gunakan WiFi Umum? Ini Cara Agar Terhindar dari Hacker

By Mentari DP, Jumat, 20 Januari 2017 | 08:30 WIB

Nonaktifkan Bluetooth dan WiFi ketika tidak digunakan.

Intisari-Online.com- Anda suka menggunakan WiFi? Mungkin sebagian besar pengguna akan mengatakan ya. Apalagi jika itu WiFi umum. Sayangnya, tidak semua WiFi aman untuk digunakan. Terutama WiFi umum yang ada di beberapa tempat. Sebab, bisa menjadi penyebab smartphone di-hack atau dibobol. Maka, perhatikan cara agar terhindar dari hacker ini.

Agar smartphone kita tetap aman, coba lakukan hal-hal di bawah ini setelah menggunakan WiFi umum.

(Ini Dia, Negara-negara Pengguna WiFi Terbesar Di Dunia)

1. Jangan menyalakan Bluetooth terus-menerus

Pernahkan tiba-tiba Bluetooth meminta mode on saat Anda menyalakan WiFi? Karena kebanyakan memang seperti itu. Untuk itu, jangan biarkan Bluetooth nyala terlalu lama. Jika sedang tidak menggunakan smartphone, segeralah matikan. Sebab, hacker bisa saja mengirim virus ke smartphone kita dan memonitor keadaan smartphone kita.

2. Jangan simpan password WiFi umum

Tidak semua WiFi umum gampang diaktifkan. Ada beberapa yang harus menggunakan password. Tapi itu semua juga tidak menjamin WiFi umum yang ber-password aman dari hacker. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga jangan menekan save password. Pilihlah never atau tidak. Setelah menggunakan WiFi umum itu, segeralah log-out dari aplikasi. Jangan langsung putus koneksi. Karena ada potensi password kita dicuri.

(Lewat Zona WiFi Go!, Kita Tak Perlu Lagi Tanya Password untuk Akses WiFi Gratis)

3. Gunakan VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah sebuah jaringan pribadi yang diperluas melalui jarinan publik seperti internet. Nah, daripada menggunakan WiFi umum yang berbahaya, lebih baik gunakan VPN sendiri. Keuntungngan yang didapat, pertama keamanan smartphone terjaga. Selain iti kita bisa mengakses website yang diblokir jika menggunakan WiFi umum. Untuk memudahkan pengguna, sudah ada aplikasi gratis yang bisa digunakan seperti DroidVPN dan Hotspot Shield.

4. Menghapus history internet

Ini berlaku tidak hanya untuk smartphone tapi juga alat eletronik yang lain. Sebab, seluruh aktivitas jelajah kita di internet akan terlacak dan terekam. Jadi, agar aman dan tidak diketahui silahkan menghapusnya. Tinggal buka Setting dan klik History atau riwayat penelusuran pilih Clear History.