Find Us On Social Media :

Apa Penyebab Hiu Purba Megalodon Punah?

By Mentari Desiani Pramudita, Selasa, 17 Januari 2017 | 13:04 WIB

Apa Penyebab Hiu Purba Megalodon Punah?

Intisari-Online.com- Setiap makhluk hidup memerlukan makanan untuk bertahan hidup. Sama halnya dengan manusia, ketika hewan salah memilih makanan tentu ada kosekuensi yang di dapat, misalnya menjadi punah. Hal inilah yang terjadi kepada ikan hiu purba Megalodon.

Ikan hiu purba Megalodon hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun yang lalu. Ikan ini memiliki ukuran jauh lebih besar daripada hiu paus, sekitar 18 meter. Oleh karena itu, hiu purba Megalodon jarang naik permukaan. Mangsa utama sang hiu biasanya adalah ikan paul kecil. Nah, justru pemilihan makanan inilah yang membuat hiu purba ini punah.

(Hiu Berkepala Dua Terus-menerus Ditemukan dan Tak Ada yang Tahu Apa Penyebabnya)

Dalam jurnal Palaeogeography, Palaeoclimatology, Palaeoecology, para peneliti memberikan bukti penyebab kepunahan hiu purba Megalodon. Pertama, ikan paus purba yang ukurannya lebih kecil daripada punah sekitar tiga juta tahun lalu, sehingga tidak ada lagi mangsa yang bisa Megalodon makan.

Bukti kedua, peneliti menemukan bekas gigitan fosil yang ditemukan di pantai lepas Peru. Di sana terdapat sisa-sisa paus purba dengan sayatan dan gigitan. Ukuran gigitan itu sangat pas dengan gigi Megalogon.

Terkuak, Asal-usul Hiu Hantu Misterius)

Selain ikan paus kecil, mangsa lain dari Megalodon adalah paus miniatur yang juga disebut Piscobalaena nana. Paus miniatur ini hidup di perairan pantai yang hangat. Mereka juga punah saat suhu air meningkat dan permukaan air laut menurun.

Mengingat bahwa Megalodon sendiri punah pada 400.000 tahun kemudian, para peneliti mengklaim karena ketidakmampuan dalam mencari mangsa yang lebih besar darinya dan punahnya mangsa-mangsa favoritnya.