Find Us On Social Media :

Begini Menulis ‘Resume’ bagi ‘Fresh Graduate’

By Esra Dopita M Sidauruk, Senin, 16 Januari 2017 | 17:21 WIB

3 Hal Penting dalam Menulis Resume

Intisari-Online.com - Bagi para fresh graduate mencari pekerjaan bukan hal gampang. Kurangnya pengalaman seringkali menjadi pengalang. Para perekrut kerja lebih tertarik pada resume yang berisi banyak pengalaman. Lantas, bagaimana caranya agar resume dari fresh graduate dapat dilirik? Nah, berikut ini adalah cara menulis resume bagi kamu yang belum berpengalaman:

(3 Hal Penting dalam Menulis)

1. Tujuan karier

Kesulitan terbesar bagi mereka yang fresh graduate dalam mencari pekerjaan adalah pengalaman yang belum mereka kantongi. Cara utama menyakinkan perekrut bahwa ada punya berkompeten dan berkredibilitas adalah dengan menuliskan tujuan karier dalam resume Anda. Tujuan karier menunjukkan, keahlian dan kemampuan yang akan membantu Anda untuk berhasil memenuhi tanggung jawab posisi. Selain itu, karakter dan kepribadian.

2. Tulis penghargaan dan kegiatan

Kebanyakan resume profesional hanya akan menyertakan nama sekolah atau perguruan tinggi, jurusan yang diambil, tanggal kelulusan, dan indeks prestasi kumulatif (IPK). Namun, mereka yang fresh graduate, dapat menambahkan poin-poin lain untuk menutupi belum adanya pengalaman. Di antaranya, kegiatan yang diikuti, kursus, penghargaan yang diraih, dan karya yang dipublikasikan.

(17 Tips Agar Resume Anda Tak Dibaca Sekilas Saja Oleh Perekrut (2))

3. Kalimat penutup menarik dan menyakinkan

Jika belum memiliki pengalaman kerja yang dapat ditulis pada resume, Anda dapat menggantinya dengan prestasi yang diraih ketika sekolah. Menambahkan prestasi besar akan sangat menguntungkan resume Anda. Tak kalah penting, tulis kalimat penutup yang menarik dan menyakinkan perekrut bahwa Anda adalah kriteria yang dicari dan berkompeten.