Find Us On Social Media :

Jutaan Tahun dari Sekarang Benua-benua di Bumi akan Tergabung Lagi Menjadi Satu

By Lila Nathania, Senin, 16 Januari 2017 | 10:06 WIB

Ramalan tentang bentuk bumi di masa depan

Intisari-Online.com – Saat ini daratan di bumi terbagi atas sejumlah benua yang dipisahkan oleh samudera nan luas. Walau sejak kita lahir bentuk bumi sudah seperti ini, ratusan juta tahun yang lalu bumi sebenarnya hanya terdiri dari satu daratan yang sangat luas. Menurut para ilmuwan, suatu hari nanti hal ini akan terjadi lagi.

(Teka-teki Unsur Misterius Inti Bumi Terjawab)

Pandangan tentang kondisi masa lalu, masa kini, dan masa depan bumi ini dieksplorasi oleh Alexandra Witze. Witze berkata bahwa ada sejumlah bukti yang mendetail bahwa dulunya bumi hanya terdiri dari daratan yang sangat luas saja. Ia juga kemudian menjelaskan bahwa kelak bumi akan tergabung menjadi satu benua yang besar lagi dalam waktu kurang lebih 50 hingga 200 juta tahun dari sekarang.

Zaman dahulu, diketahui ada lebih dari satu benua yang berukuran sangat besar. Salah satu yang paling terkenal adalah Pangaea yang dipercaya ada sejak 400 hingga 200 juta tahun lalu. Fakta bahwa bumi tergabung inilah yang menjelaskan mengapa fosil dinosaurus yang sama bisa tersebar di seluruh dunia.

(Bagaimana Bentuk Bumi 250 Juta Tahun yang Lalu?)

Dua benua lain yang diketahui dulu ada di bumi adalah Rodinia (ada kurang lebih 1,3 milyar tahun lalu hingga 750 juta tahun lalu) dan Nuna (ada sekitar 1,4 milyar tahun lalu).