Find Us On Social Media :

Aneh Tapi Nyata, Otak Berukuran Kecil Ditemukan Dalam Ovarium Gadis Remaja

By Lila Nathania, Sabtu, 14 Januari 2017 | 20:28 WIB

Adanya otak kecil dalam ovarium

Intisari-Online.com – Sekelompok tim dokter di Jepang belum lama ini dikejutkan oleh penemuan otak berukuran kecil yang tumbuh di dalam tumor. Lebih anehnya lagi, tumor ini berada di ovarium seorang gadis berusia 16 tahun.

Tumor ini awalnya diketahui ketika tim dokter sedang mengambil usus buntu gadis tersebut. Tumor unik tersebut kemudian diambil dan hingga sekarang sang gadis sama sekali tidak mengalami rasa sakit apapun.

Hal yang lebih mengejutkan bagi tim dokter adalah bahwa di dalam tumor itu terdapat sedikit gumpalan yang jaringannya sangat teratur. Jaringan ini sangat mirip dengan cerebellum, bagian otak yang mengatur koordinasi dan keseimbangan tubuh. Ukuran dari gumpalan ini sendiri kurang lebih tiga centimeter.

Kanker ovarium yang mengandung jaringan tubuh dikenal dengan istilah teratoma. Teratoma ini sebenarnya cukup wajar, namun biasanya isinya adalah rambut, otot, atau lemak. Pada beberapa kasus khusus, akan ditemukan miniatur dari struktur yang mirip dengan bagian tubuh lain. Miniatur ini disebut homunculi.

Kasus yang ditemukan pada gadis ini sangat unik karena tim dokter menemukan struktur yang lengkap dan teratur dari jaringan otak. Hingga saat ini, sepertinya belum ada kasus penemuan homunculi otak seperti itu.

Tim dokter kemudian menjelaskan penemuan menakjubkan ini dalam jurnal Neuropathology. Dokter yang melakukan prosedur operasi ini menjelaskan bahwa tiga lapisan cerebellar cortex otak ditemukan ada lengkap dalam homunculi tersebut. Serat yang menghubungan neuron satu sama lain (dendrit) juga sudah mulai terbentuk.