Find Us On Social Media :

Empat Tips Memperbaiki Keuangan Pasca Liburan Akhir Tahun

By Lintang Bestari, Minggu, 15 Januari 2017 | 09:09 WIB

Hidup lebih sederhana dan hindari membeli barang yang tidak diinginkan untuk menghemat uang pasca liburan

Intisari-Online.Com - Kita cenderung menghabiskan uang lebih banyak dari yang diperkirakan saat liburan. Mungkin kita sembrono, tapi mungkin juga kita hanya membutuhkan kesenangan di akhir tahun. Apa pun alasannya, hal itu sudah terjadi. Sekarang, saatnya kita memperbaiki keuangan pasca liburan dengan empat tips berikut:

(Anggaran Liburan (1): Jangan Lupakan Anggaran Liburan)

Diet pengeluaran

Kurangi pengeluaran yang tidak penting dan hindrai membeli barang yang tidak kita butuhkan. Jalani hidup simpel, konsumsi makanan murah, bawa bekal dan buat kopi sendiri jika bisa, gunakan transportasi umum dan cari cara gratis untuk menghibur diri sendiri. Awalnya mungkin sulit, namun jika bisa melasanakannya selama sebulan, kita akan menyadari bahwa sebenernya kita tidak memerlukan hal mewah untuk bahagia.

Buat pos-pos pengeluaran

Rencanakan anggaran belanja Anda. Lihat kembali kebiasaan sehari-hari dan evaluasi apakah kita sudah cukup berhemat. Bila perlu, buat pos-pos pengeluaran dan letakkan uang di amplop terpisah. Cara tersebut membatasi kita mengeluarkan uang di luar kebutuhan.

(Stres Pascaliburan? Tentu Tidak!)

Fokus pada rencana

Buat tujuan keuangan di 2017 dan bagaimana strateginya agar sukses. Targetkan penggunaan kartu kredit, cari pekerjaan tambahan atau jual barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi di rumah.

Lihat pilihan yang ada

Jika kita memiliki utang di katu kredit, coba cari alternatif lain. Misalnya dengan memilih kartu kredit dengan bunga yang lebih rendah. Anda juga bisa memilih tabungan dengan biaya administrasi yang murah.

Stres finansial bisa membahayakan kesehatan, hubungan percintaan dan kewarasan kita. Temukan cara terbaik untuk mengatur keuangan pasca liburan akhir tahun agar tidak khawatir melanjutkan hidup di bulan-bulan selanjutnya.