Find Us On Social Media :

Ternyata Baking Soda Bisa untuk Membersihkan Mobil Anda, Ikui 7 Tips dan Trik Ini

By Bramantyo Indirawan, Jumat, 13 Januari 2017 | 08:00 WIB

Membersihkan baterai aki mobil menjadi salah satu fungsi tepung soda

Intisari-Online.com – Apa persamaan memasak kue dan membersihkan mobil? Keduanya dapat menggunakan tepung soda. Ya, biasa digunakan di dunia kuliner, ternyata baking soda juga bisa untuk membersihkan mobil kita.

Sebelumnya kita harus membedakan antara tepung soda dan baking powder atau bakpuder. Tepung soda adalah bahan berbasis mineral yang menggabungkan keasaman dan menghasilkan karbondioksida. Hal ini dapat dilihat melalui gelembung yang tercipta apabila kita campur dengan air.

Sedangkan bakpuder adalah campuran tepung soda dengan zat asam lainnya seperti tepung jagung. Bahan ini akan memberikan efek mengembang pada makanan yang ingin dibuat. Jadi jangan tertukar antara keduanya, gunakan tepung soda untuk merawat mobil.

Bagaimana cara merawat dan membersihkan mobil dengan tepung soda? Berikut adalah 7 tips dan triknya.

1. Mencuci baterai aki

Korosi dapat terjadi dan menumpuk di pangkal baterai. Campur tepung soda yang lebih banyak tiga kali lipat dengan air untuk membuat semacam perekat pada pangkal baterai. Setelah menyambungkan kembali aki, usap dengan jeli berbahan minyak tanah untuk menghindari korosi di kemudian hari.

2. Mengkilap sekejap

Kita bisa menggunakan tepung soda yang dioleskan kain basah atau busa untuk membersihkan berbagai bagian mobil hingga mengkilap. Dari lampu, kaca, plat nomor, hingga wiper mobil. Akhiri dengan memberikan air kemudian keringkan menggunakan kain lembut.

Lanjutkan halaman selanjutnya untuk melihat fungsi perawatan mobl lain dari tepung soda.