Find Us On Social Media :

Sikap Sederhana Bisa Menyelamatkan Hidup Orang Lain

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 12 Januari 2017 | 20:05 WIB

Persahabatan adalah Senjata yang Kuat

Intisari-Online.com – Mark sedang berjalan pulang dari sekolah, ketika ia melihat seorang anak seusianya tersandung dan menjatuhkan semua buku yang dibawanya, bersama dengan dua sweater, tongkat baseball, sarung tangan, dan tape recorder kecil. Mark berlutut dan membantu anak itu mengambil barang-barangnya yang tersebar.

Karena mereka berjalan ke arah yang sama, ia membantu untuk membawakan sebagian beban itu. Saat mereka berjalan, Mark mengetahui bahwa nama anak itu Bill, dan sangat menyukai video game, bisbol dan sejarah. Bill memiliki banyak masalah dengan mata pelajaran lain dan baru saja berkelahi dengan temannya.

Mereka tiba di rumah Bill dan Mark diundang masuk untuk minum soda dan menonton beberapa film. Sore berlalu dengan sukacita dan bersama-sama, kemudian Mark pulang.

Mereka terus terlihat bersama di sekitar sekolah, makan siang bersama sekali dua kali, hingga keduanya lulus dari SMP. Mereka pun berakhir di sekolah tinggi yang sama, di mana mereka memiliki kontak singkat selama bertahun-tahun.

Akhirnya tahun yang ditunggu-tunggu tiba. Mereka telah menyelesaikan perguruan tinggi. Tiga minggu sebelum wisuda, Bill bertanya pada Mark apakah mereka bisa berbicara.

Bill mengingatkan Mark pada tahun-tahun awal ketika mereka pertama kali bertemu. “Apakah kau pernah bertanya-tanya mengapa saya membawa begitu banyak barang ke rumah hari itu?” tanya Bill. “Kau tahu, saya membersihkan loker saya karena saya tidak ingin meninggalkannya berantakan untuk orang lain. Saya telah menyimpan beberapa pil tidur dan saya akan pulang untuk bunuh diri. Tapi setelah kita menghabiskan waktu bersama-sama berbicara dan tertawa, saya menyadari bahwa jika saya bunuh diri, maka saya akan merindukan waktu itu, dan mungkin banyak orang lain yang akan mengikuti.

Kau lihat, Mark, ketika engkau mengambil buku-buku hari itu, Kau telah melakukan lebih banyak. Kau menyelamatkan hidup saya.”

Kita berguna bagi orang lain hanya dengan cara yang sangat sederhana.