Find Us On Social Media :

Makin Tegang, Kapal Induk China Lintasi Selat Taiwan

By Hery Prasetyo, Kamis, 12 Januari 2017 | 12:00 WIB

Kapal induk China, Liaoning.

Intisari-Online.com - Taiwan kebakaran jenggot. Pasalnya, kapal induk China melintasi Selat Taiwan. Hal itu dikeluhkan Kementrian Pertahanan Taiwan.

Kapal induk bernama Liaoning itu kembali dari latihan di Laut China Selatan. Memang, kapal itu tak memasuki perairan Taiwan. Namun, kapal tersebut sudah melintas di zona identifikasi pertahanan udara (air defence identification zone/ADIZ). Demikian keluhan Kementrian Pertahanan Taiwan, seperti dikutip BBC.com.

Ketegangan dua negara bertetangga itu memang sering terjadi. Pemerintah Taiwan meminta rakyatnya untuk tetap kalem.

Sebagi responsnya, Taiwan melepaskan het dan boat untuk melakukan mengawasi dan mengontrol kapal-kapal yang melewati 160 kilometer selat itu. Demikian disampaikan juru bicara Kementrian Pertahanan Taiwan, Chen Chung-chi.

Taiwan yang memerintah dirinya, diklaim China sebagai bagian dari teritorinya. China juga menginginkan Taiwan kembali bergabung ke China.

Sebelumnya, ketegangan memanas antara kedua negara itu. Sebabnya, presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump, menerima telepon dari Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen yang memberikan ucapan selamat.

Kepala Dewan Urusan Wilayah Taiwan, Chang Hsiao-Yueh mengatakan, pemerintahnya terus memonitor aksi China dan meminta rakyatnya tetap tenang.

"Saya ingin menekankan bahwa pemerintah kami memiliki kemampuan yang cukup untuk meindungi keamanan nasional. Tak perlu terlalu panik. Kita harus menunjukkan niat baik bersama," katanya.

China memang sedang meningkatkan latihan militer dekat Taiwan.